Kesehatan

HUT ke-22, RSD Balung Jember Kerjasama dengan PMI Launching BDRS

×

HUT ke-22, RSD Balung Jember Kerjasama dengan PMI Launching BDRS

Sebarkan artikel ini
Direktur RSD Balung
Direktur RSD Balung dr. Nurullah Hidajahningtyas bersama Bupati Hendy tinjau BDRS, Senin 29/1/2024. (Foto: Badri/Lensa Nusantara).

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung melaunching Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-22. Senin (29/1/2024).

Launching BDRS dilakukan bersama oleh Direktur RSD Balung dr. Nurullah Hidajahningtyas dan Ketua Pengurus PMI Kabupaten Jember Dr. Moh Thamrin.

Ketua Pengurus PMI Kabupaten Jember Dr. H Moh Thamrin mengatakan, keberadaan BDRS di RSD Balung ini untuk meningatkan pelayanan kebutuhan darah kepada pasien.

Dia mnejelaskan, dengan adanya BDRS di RSD Balung maka pasien yang membutuhkan darah tidak lagi perlu datang ke kantor UDD PMI Kabupaten Jember di Jalan Srikoyo.

BACA JUGA :
Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengonsumsinya

“Secara berkala maka petugas UDD PMI Kabupaten Jember akan mengirimkan darah untuk disimpan di BDRS yang sudah ada,” katanya.

Lanjutnya, saat ini pasien yang butuh darah tinggal ke BDRS di RSD Balung, karena jarak tempuh Balung ke UDD PMI Kabupaten Jember cukup jauh butuh waktu 1,5 jam untuk pulang pergi.

Masih kata Thamrin, hak dan kewajiban atas BDRS RSD Balung sudah tertuang dalam PKS yang sudah ditandatangani. “Perjanjian kerjasama ini akan berlaku selama lima tahun, kalau ada permasalahan atau perubahan karena faktor lain misal ada perubahan regulasi maka bisa dilakukan addendum,” terangnya.

BACA JUGA :
Menpan RB Azwar Anas Ingatkan Tahun Politik ASN Netral

Direktur RSD Balung dr. Nurullah Hidajahningtyas mengucapkan banyak terima kasih kepada PMI Kabupaten Jember.

“Sehingga BDRS di RSD Balung sudah berdiri dan mulai beroperasi, BDRS ini besar manfaatnya bagi RSD Balung,” ungkap Direktur RSD Balung.

Menurut dr. Nurullah Hidajahningtyas, keberadaan BDRS merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara RSD Balung dengan PMI Kabupaten Jember. Dan juga sesuai dengan harapan Bupati agar setiap rumah sakit memiliki BDRS untuk memudahkan pelayanan kepada pasien yang membutuhkan darah.

BACA JUGA :
Batam Nol Kasus Covid-19, Zona Hijau Mulai Merata

Selain launching BDRS, RSD Balung dan PMI Kabupaten Jember juga melaksanakan kolaborasi dengan menggelar kegiatan donor darah sukarela. Ia mengungkapkan, bahwa hasilnya lumayan bagus, pegawai, keluarga pasien di RSD Balung sukses menyumbangkan 55 kantong darah ke UDD PMI Kabupaten Jember.

“Kegiatan donor darah juga sudah rutin dilaksanakan dua atau tiga bulan sekali di RSD Balung,” pungkasnya. (Dri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.