Berita

Kapolda Riau Ajak Bawaslu dan KPU Provinsi Tinjau TPS di Pulau Terluar

×

Kapolda Riau Ajak Bawaslu dan KPU Provinsi Tinjau TPS di Pulau Terluar

Sebarkan artikel ini
Kapolda Riau
Didampingi Kapolres dan Bupati Bengkalis, Kapolda Riau Irjend Pol Muhammad Iqbal, Ketua KPU dan Bawaslu Riau melakukan peninjauan di TPS Pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Bengkalis, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal meninjau sejumlah pulau terluar di Riau untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Salah satu pulau terluar yang dikunjungi yaitu Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Selasa (13/2/24). Kapolda Iqbal bersama Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal dan Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir meninjau TPS 08 di RT 17, RW 06 Kelurahan Terkul sekaligus memantau logistik yang tersegel rapi di Kantor Pemerintah Kecamatan Rupat.

Di TPS 08 yang menempati salah satu ruang belajar MTs Swasta Nurul Mukhsinin Jl Subrantas dengan 268 pemilih tetap ini, Irjen Iqbal berpesan agar petugas penyelenggara memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan menyalurkan hak pilihnya.

Kepada anggota, Iqbal berharap dapat memahami tugas dan fungsi pelayanan dan pengamanan serta memastikan pelaksanaan pencoblosan berlangsung tenang dan kondusif.

BACA JUGA :
Satlantas Polres Kampar Gelar Police Goes to School di SMAN 2 XIII Koto Kampar

Dari kegiatan pengecekan baik TPS, petugas dan sarana prasarana pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden ini, dapat dipastikan semua sangat siap dan sudah memahami tugas masing masing.

“Kami menilai semua sudah sangat siap untuk melaksanakan pemilu, dan petugas pahami ada skala prioritas bagi difabel serta standar operasi yang harus dijalankan,” kata Kapolda Iqbal.

Dikatakan Jenderal Bintang 2 ini bahwa kunjungan ke sejumlah pulau terluar ini karena sebagai pimpinan di suatu wilayah harus mengambil peran lebih banyak dan melihat anggota yang bertugas paling jauh dari jangkauan.

“Sebagai pimpinan harus memotivasi dan energi positif ke anggota agar maksimalkan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat dan petugas penyelenggara. Setiap polisi akan mengawal beberapa TPS dibantu petugas terkait lain,” sebut Irjen Iqbal.

BACA JUGA :
Bawaslu Dumai Gelar Sosialisasi Peraturan dan Produk Hukum Serta Non Peraturan

Kapolda Iqbal juga memastikan situasi kamtibmas di Riau relatif tenang dan kondusif hingga sehari menjelang pemungutan suara. Semua pihak telah berkontribusi positif menjaga dan menciptakan kondisi yang aman tanpa ada gangguan.

“Situasi politik juga kondusif berkat kebersamaan semua, walaupun ini kontestasi tapi pesta demokrasi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Silahkan berbeda beda namun kita tetap bersatu,” demikian Kapolda Riau Irjen Polisi Mohammad Iqbal.

Kapolda Iqbal didampingi Ketua KPU Ilham M Yasir dan Ketua Bawaslu Alnofrizal datang ke Kecamatan Rupat dengan menumpangi Heli, dan disambut Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Bupati Kasmarni, Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina dan Ketua Bawaslu Usman, Kapolsek Rupat AKP Siswoyo.

Sebelumnya Kapolda Iqbal bersama Komandan Korem Riau Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan serta Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi mengunjungi Pulau Burung di Kabupaten Indragiri Hilir, dan Pulau Rangsang di Kabupaten Kepulaiuan Meranti. Setelah dari Pulau Rupat, Irjen Iqbal melanjutkan peninjauan ke Perawang Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan.

BACA JUGA :
Pemilu 2024 Semakin Dekat, Sekda Asahan Imbau ASN Netral

Sementara, Ketua KPU Riau Ilham M Yasir menargetkan partisipasi masyarakat menyalurkan hak suara untuk memilih calon anggota DPRD Kota Kabupaten, Provinsi dan DPRD Riau serta DPD RI dan Presiden bersama Wakil Presiden RI diatas 80 persen.

“Target nasional 77 persen, tapi pengalaman di 2019 tercapai 83,9 persen, dan kami yakin di Riau bisa mencapai rata rata nasional atau diharap lebih tinggi lagi,” kata Ilham M Yasir.**

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.