Berita

STAI At Taqwa Resmi Bertransformasi Menjadi IAI At Taqwa Bondowoso

×

STAI At Taqwa Resmi Bertransformasi Menjadi IAI At Taqwa Bondowoso

Sebarkan artikel ini
Rektor IAI At Taqwa
Acara Soft Launching IAI At-Taqwa Bondowoso bersamaan dengan Dies Maulidiyah ke-21.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Rabu, (6/3/2024) STAI At-Taqwa Bondowoso resmi bertransformasi menjadi Insitutut Agama Islam At Taqwa (IAI) At Taqwa Bondowoso. Momentum tersebut sekaligus dilakukan bersama acara Dies Maulidiyah Kampus Santri yang ke 21.

Acara digelar di Gedung Aula IAI At Taqwa Bondowoso. Launching ini bentuk tasyakur atas terbitnya SK Menteri Agama no 91 tahun 2024 tertanggal 15 Januari 2024 tentang perubahan alih bentuk STAI At-Taqwa Bondowoso menjadi IAI At Taqwa Bondowoso.

Example 300x600

Alih status tersebut sangat ditunggu dan disambut bahagia oleh semua Muassis (pendiri), pengurus Yayasan dan seluruh Civitas akademik di IAI At Taqwa Bondowoso. Alih satus merupakan tonggak awal bagi pengelola untuk lebih berkomitmen menyelenggarkan pendidikan unggul dan bermutu.

Tentunya diiringi dengan perubahan paradigma, peningkatan layanan, pengembangan tridharma dan peningkatan mutu Perguruan tinggi.
Acara Launching dan Dies Maulidyah ke 21 tersebut dihadiri Pembina Yayasan, Pengurus Yayasan, Pengawas Yayasan, Kepala Kementerian Agama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, Kepala Kantor Cabang Pendidikan (KACABDIN) Bondowoso, Kepala SMA, MA dan SMK serta Dosen, Mahasiswa dan mitra Perguruan tinggi seperti BRI dan lainnya.

BACA JUGA :  Buku "Mendayung Langkah", Bukti Kesungguhan MTsN 2 Bondowoso Giatkan Literasi Produktif

Ratusan mahasiswa memadati gedung AIC dalam acara peresmian tersebut. Acara dimulai dengan pembukaan yang ditandai dengan pembacaan fatihah, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ya Ahlal Wathon serta penayangan selayang pandang dan profil perjalanan STAI menjadi IAI.

Selanjutnya para tamu undangan disajikan video kilas balik berdirinya kampus dari STAI At Taqwa hingga menjadi Insitut Agama Islam (IAI) at Taqwa Bondowoso.

BACA JUGA :  Gandeng Disparbudpora Bondowoso, SMPN 1 Taman Krocok Edukasi Siswa Lestarikan Cagar Budaya

Dalam sambutannya, Rektor IAI At Taqwa Dr. Suheri, M.Pd.I memaparkan kondisi dan tuntutan zaman untuk dilakukan proses transformasi. Selama dua tahun masa kepimpinannya, capaian yang dilakukan yaitu Perubahan Alih bentuk menjadi Institut. Bahkan di tahun kedua telah memiliki program pascasarjana. Dibuka prodi baru yaitu Ekonomi Syari’ah dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, dan sedang proses penerbitan izin yaitu Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Pria berkacama itu memberikan bocoran bagaimana prestasi tersebut begitu progres dan cepat. Menurutnya manajemen yang dilakukan yaitu “Manajemen Langit” dan semua program selalu dilakukan dengan “Kontrak Langit”.

“Dalam dua tahun terakhir banyak hal terjadi di luar nalar. Alih status awalnya diperkirakan tahun 2024 akhir namun seiring dengan ma’unah Allah dan kontrak langit yang istiqomah, Allah hadirkan lebih awal,” kata Rektor.

BACA JUGA :  Polsek Grujugan Sigap Amankan Lokasi Areal PT. Bondowoso Indah Playwood yang Terbakar

Ketua Yayasan At Taqwa Drs. KH. Imam Barmawi Burhan, menyambut bahagia capaian dan nikmat yang Allah anugerahkan selama ini. Ia terus mendukung segala ikhtiar perubahan bentuk menjadi IAI At Taqwa. Menurutnya perlu dipacu lagi untuk bisa menjadi Universitas At Taqwa.

Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi kerja keras dan ikhtiar Civitas Akademik dalam melakukan peningkatan di berbagai aspek. Harapannya bentuk Institut Agama Islam (IAI) At Taqwa ini bisa manfaat dan barokah bagi masyarakat di Kabupaten Bondowoso.(*)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.