Pendidikan

Kartini Detik Ini Bukan Konco Wingking, Begini Komitmen dan Pesan Menyentuh Kepala SMKN 1 Klabang 

×

Kartini Detik Ini Bukan Konco Wingking, Begini Komitmen dan Pesan Menyentuh Kepala SMKN 1 Klabang 

Sebarkan artikel ini
SMKN 1 Klabang,
Suasana Upacara Hari Kartini di SMKN 1 Klabang Bondowoso. Senin, 22/4/2024.


Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – SMKN 1 Klabang, Kabupaten Bondowoso menutup semarak kegiatan April Warna-Warni dalam rangka peringatan hari Kartini dengan melaksanakan apel bersama warga sekolahnya, Senin (22/04/2024).

Uniknya, gelaran apel hari Kartini di halaman sekolahnya itu terlihat para siswi dan ibu guru dan tenaga administrasinya kompak menggunakan kebaya.

Example 300x600

Seperti diketahui, tanggal 21 April pada setiap tahunnya Bangsa Indoensia merayakan peringatan hari Kartini sebagai bentuk apresiasi perjuangan RA Kartini yang terlahir 21 April 1879 mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia seperti tertuang dalam kumpulan surat-suratnya yang bertajuk Habis Gelap Terbitlah Terang.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Kepala SMKN 1 Klabang Daris Wibisono Setiawan dalam paparan refleksi hari Kartini mengajak kepada semua warga sekolahnya untuk tidak sekedar merangkai kata tentang ungkapan cinta pada perjuangan RA Kartini.

“Yang lebih penting adalah berbuat nyata, melakukan praktik baik nilai-nilai emansipasi yang diperjuangkan RA Kartini untuk diimplementasikan sesuai dengan tupoksi kita sebagai pendidik” ujar Daris.

Doktor pakar sekolah gratis lulusan Unej tersebut juga menyerukan kepada semua perempuan untuk bisa bangkit dari stigma bahwasannya peran perempuan itu tidak lebih dari hanya bisa masak, macak (red: berias diri), dan manak (red: melahirkan).   

BACA JUGA :  Battle Sound di Bondowoso Diamankan Polisi, Ini Alasannya

“Kartini detik ini bukan sekedar konco wingking (red: teman di belakang suami) yang hanya bisa masak, macak, dan manak saja, tapi harus mampu berdaya dan sejajar” imbuh Daris.

Sementara itu, ketika disinggung bagaimana aksi nyata yang bisa dilakukan oleh pemangku pendidikan dalam rangka merawat nilai-nilai perjuangan RA Kartini, kepala sekolah yang pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Pelopor SMK Membangun Desa tersebut menandaskan komitmennya untuk terus memberikan layanan sekolah gratis sampai lulus dan ikut berperan aktif menekan angka pernikahan dini.

“Akar masalahnya itu adalah rendahya pendidikan, maka dari itu SMKN 1 Klabang hadir menjawab akar permasalahan tersebut demi majunya peradaban” tambah Daris penuh semangat.

BACA JUGA :  Dandim 0822 dan Kapolres Bondowoso Silaturahmi Jamaah Masjid Al Barokah

Seperti diketahui, SMKN 1 Klabang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan negeri yang berkomitmen menyelengarakan sekolah gratis sampai lulus dan gratis seragam kepada semua peserta didiknya.

Tak ayal, sekolah yang telah mendapatkan anugerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai SMK Pusat Keunggulan tersebut terkenal dengan jargonnya yakni Seger Waras, Sekolah Gratis Kwalitas Teratas.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.