Wakil Bupati OKU Selatan Hadiri Launching Sistem Informasi Pantau Covid-19

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Muaradua oku selatan (04/05) Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir. S.P., M.Si Hadiri Launching Sistem Informasi Pantau Covid-19 Sumatera Selatan bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Ketua DPRD Sumatera Selatan, Kapolda Sumatera Selatan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya beserta Bupati dan Wali Kota Se Sumatera Selatan dan seluruh Kepala OPD di Lingkungan Sumatera Selatan, Senin (04/05/2020).

Acara Launching SI-PantauCovid19SS melalui Video Conference (Vidcon) Aplikasi Zoom ini digelar dalam rangka upaya pencegahan penularan Covid-19 dan sebagai alat pemantauan terhadap pelaku perjalanan, OTG, ODP, dan PDP.

Bertempat di Ruang Vidcon Dinas Kominfo Kabupaten OKU Selatan, turut hadir mendampingi Wakil Bupati OKU Selatan diantaranya Kapolres OKU Selatan AKBP. Deny Agung Andriana, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri OKU Selatan Edi Irsan Kurniawan, S.H.,M.Hum. Perwira Penghubung Kodim 0403 OKU, Anggota DPRD, Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA :  Bupati OKU Menyerahkan Secara Simbolis BLT-DD Tahun 2020

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan telah mengembangkan Aplikasi SI-PantauCovid19SS sebagai alat untuk pemantauan terhadap pelaku perjalanan, OTG, ODP, dan PDP. Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dan Untuk memudahkan petugas dalam melaksanakan pemantauan dan membantu orang yang harus dipantau memonitor kedisiplinannya.

SI-PantauCovid19SS adalah aplikasi pemantauan Pelaku Perjalanan (PJ), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Provinsi Sumatera Selatan. Aplikasi ini merupakan inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan jumlah tenaga pemantauan dan waktu pemantauan dalam memantau kepatuhan terhadap standar karantina / isolasi mandiri. Individu yang dipantau diharapkan dapat melakukan isolasi mandiri dengan disiplin mengacu pada standar karena diingatkan dari pertanyaan harian. Posko Gugus Tugas Covid19 dapat memantau kondisi individu-individu tersebut dengan lebih baik.

BACA JUGA :  Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis Lantik 74 Kepala Desa Selama 4 Hari, Demi Terciptanya Physical Distancing

Adapun tujuan dari aplikasi ini untuk Individu yang dipantau dapat melakukan isolasi mandiri dengan disiplin dan dapat dilacak (tracing) riwayat pergerakannya. Dan bagi Petugas Pemantau dapat melakukan pemantauan secara efektif dan efisien. Bagi Posko gugus Tugas Covid-19 dapat memonitor pemantauan terhadap pelaku perjalanan OTG, ODP,PDP ringan.

BACA JUGA :  DPRD Oku Gelar Rapat Paripurna Ke-IX, Terkait Agenda Pembacaan Rekomendasi Keputusan DPRD Terhadap LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2019

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan bahwa ini salah satu upaya kita untuk putuskan Mata rantai Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dengan patuh melakukan physical distancing dan isolasi mandiri.

Sistem Informasi Pantau Covid-19 terdiri dari 3 (Tiga) Aplikasi yaitu :

  1. Mobile Apps Penguna untuk Individu yang dipantau pelaku perjalanan (OTG, ODP, PDP) yang melakukan isolasi mandiri agar disiplin bisa di akses melalui. http://pantaucovid19ss.Sumselprov.go.Id.
  2. Mobile Apps Petugas Pendata.
    http://pantaucovid19ss.Sumselprov.go.Id/pendata.
  3. Web-based Apps Control Room
    http://pantaucovid19ss.Sumselprov.go.Id/covid_admin.

Dari informasi yang kami dapat dari pihak Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Samsudin,SE, MM. Beliau menjelaskan bahwa Aplikasi tersebut akan aktif untuk beberapa hari kedepan. (Alhafiz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan