BeritaDaerah

Musdesus Penetapan Penerima Manfaat BLT-DD TA 2021, di Desa Seirahayu ll Barito

×

Musdesus Penetapan Penerima Manfaat BLT-DD TA 2021, di Desa Seirahayu ll Barito

Sebarkan artikel ini

Barito Utara, LENSANUSANTARA.CO.ID
Kegiatan Musyawarah Desa khusus (Musdesus) penetapan penerima manfaat BLT-DD tahun 2021 bertempat di aula kantor desa Seirahayu ll

Example 300x600

Pelaksanaan Musdesus (30/1/2021, di buka oleh ketua BPD desa Seirahayu ll,camcut dan dihadiri oleh pedamping desa lokal(PDL)Alpian, Pemdes,anggota BPD, RT/RW,dan Tokoh masyarakat, Musdesus ini mebahas penggunaan dana untuk penetapan warga yang mendapat BLT-DD di tahun 2021 untuk warga Desa Seirahayu ll dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker serta cuci tangan dan jaga jarak.

Rano herno, selaku kepala desa,pada saat sambutannya di musdes khusus hari ini ,menjelaskan,Hasil dari Data yang kami himpun bersama dengan tim RT.RW serta BPD bahwa penerima mampaat BLT- DD sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang , sesuai dengan kreteria penerima mampaat tersebut.

Dalam kesempatan itu pula,camcut, selaku ketua BPD desa Seirahayu ll menyampaikan bahwa penerima BLT DD 2021 adalah sebanyak 142 KK dari 7 RT yang ada di desa Seirahayu ll melanjutkan program BLT DD, dimana hal ini dimaksudkan oleh pemerintah untuk pemulihan ekonomi di saat Pandemi coviid 19 ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa didalam Peraturan Menteri Keuangan(PMK) No 222//2020 Pada Pasal 39 ayat (1) disebutkan Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa , dan pada pasal 39 ayat (6) disebutkan Besaran BLT Dana Desa sebesar Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) selama 12 Bulan., yang mana ayat (2) Pasal 39 kriteria KPM penerima BLT Dana Desa minimal memenuhi kriteria keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan; tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan program bantuan sosial pemerintah lainnya.

Musyawarah juga Dihadiri oleh kasi sos PMD dari kecamatan Teweh tengah
Ali Wardana.Spd berakhir pada siang hari dan menghasilkan Mufakat Bersama yang dituangkan kedalam Berita acara Musdesus penerima BLT DD 2021.

Rahmi khairani.Se, selaku Pendamping Desa dari kecamatan Teweh tengah Menambahkan, agar nantinya yang menerima mampaat BLT DD, sungguh-Sungguh mengunakan dana tersebut untuk mengatasi kekurangan dalam menghadapi dampak pandemi covid – 19 untuk membantu kebutuhan perekonomian masyarakat desa selama pandemi ini masyarakat dapat menggunakan untuk kebutuhan se-hari hari.ucapnya,Rahmi khairani.Se

Di akhir kesempatan kasi sos PMD dari kecamatan Teweh tengah, Ali Wardana.Spd menyampaikan bahwa masyarakat Seirahayu ll
terdampak covid.19 sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah pusat atas dapat kembali dana alokasikannya anggaran BLD -DD Tahun Anggaran 2021 senilai Rp. 300 rb selama 12 bulan, hal ini sangat dirasakan membantu perekonomian masyarakat serta daya beli masyarakat di tengah lesunya ekonomi global, setidaknya bahan pokok tersedia di rumah masyarakat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (PKM), penyaluran bantuan BKT-DD akan dilakukan oleh Pemdes Seirahayu ll sesuai tahapan pencairan alokasi dana yang telah tersedia

Desa Seirahayu ll diharapkan kedepannya bantuan BLT – DD akan meningkatkan ekonomi masyarakat dan pada akhirnya masyarakat akan mampu mandiri, karena bantuan stimulan dari Pemerintah hanya bersifat sementara waktu dan terbatas,tutupnya. (Julandi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan