BeritaPemerintahan

Bappeda Palas Gelar Musrenbang RKPD 2022

×

Bappeda Palas Gelar Musrenbang RKPD 2022

Sebarkan artikel ini

Padang Lawas, LENSANUSANTARA.CO.ID Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas), Propinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Palas menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Kamis (25/03).

Example 300x600

Plt. Kepala Bappeda Palas M. Khaidir Harahap dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran dalam rencana awal RKPD Tahun 2022 dan rencana kerja (Renja) SKPD Tahun Anggaran 2022.

“Kemudian tersusunnya rancangan RKPD Tahun Anggaran 2022 yang memuat prioritas pembangunan daerah, alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi SKPD serta pemilahan usulan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Propinsi, APBN maupun sumber pendanaan lainnya,” kata Khaidir Harahap.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan musrenbang merupakan media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan daerah untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan untuk mendukung implementasi kegiatan tahun anggaran 2022.

Dikatakannya, masukan kegiatan musrenbang yaitu rancangan renja SKPD sesuai hasil kelompok diskusi SKPD, usulan kecamatan sesuai hasil musrenbang kecamatan, dan hasil pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Palas.

“Keluaran yang diharapkan melalui musrenbang yaitu daftar program dan kegiatan prioritas pembangunan setiap SKPD dalam bentuk RKPD Kabupaten Palas tahun Anggaran 2022,” jelasnya

Tambahnya, untuk penyempurnaan renja SKPD perlu dilaksanakan sinkronisasi hasil musrenbang kecamatan terhadap renja SKPD pada forum SKPD.

Sementara itu, Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam sambutannya menjelaskan, forum musrenbang RKPD ini. Salah satunya melaksanakan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap RKPD tahun anggaran 2022 mencakup usulan program dan yang kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah lewat musrenbang di desa dan kecamatan.

“Perencanaan pembangunan kita desain sejalan dengan semangat dan kebutuhan masyarakat, sehingga pembangunan yang dilaksanakan tertuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, berkurangnya kemiskinan dan pengangguran, dan masyarakat yang memiliki daya saing melalui peningkatan SDM,” katanya.

Dalam Musrenbang ini, hadir mewakili Gubernur Sumut yaitu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut M.Azhar Hrp, SP. M. MA. Mewakili Ketua DPRD Palas, Ikke Taken Hasibuan. Bapedda Provinsi Oktavia Siska Yanti, SH. BPS Kabupaten Palas Elly Suharyadi S. ST, M.Si. Bapenda Palas GT. Halomoan Daulay.(Iskandar)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan