Lensa Nusantara
Berita Polri

Optimalisasi Pelayanan Kesehatan bagi Anggota Polri dan ASN di Jatim

Pasuruan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Timur, gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Timur, pada Jum’at (3/9/2021) di Prigen Pasuruan.

Hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan urusan kesehatan anggota Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Keluarga, di wilayah Jawa Timur, yang dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Jatim.

Dalam rakernis tersebut, Biddokkes menyatakan siap berkolaborasi penuh dengan Biro SDM Polda Jatim, untuk penanganan kesehatan seluruh Personel Polda Jatim.

BACA JUGA :  Sukses Pimpin Pendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe Serahkan Jabatan Kepada Letkol Inf Hendra Purwanasari

Selain itu, Biddokkes juga akan mengoptimalkan peran seluruh Rumah Sakit Bhayangkara dan urusan kesehatan se-jajaran di 39 urusan kesehatan yang terdapat di masing-masing Polres dan Polresta, serta 10 Rumah Sakit Bhayangkara, dalam 1 sampai 2 bulan akan melaksanakan mapping kesehatan seluruh personil Polda Jatim, untuk menyusun profil kesehatan.

Untuk Kesehatan kewanitaan bagi Polwan dan Asn wanita, akan dilaksanakan pemeriksaan khusus papsmear dan mamografi diluar urusan terkait pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA :  Kombes Pol Edy Sumardi"Jangan Sebar Video dan Foto Bom Bunuh Diri, Bisa di Pidana"

Biddokkes polda juga akan berkoordinasi dengan dinkes Kota/Kabupaten, agar urusan kesehatan bisa memberikan surat keterangan pemeriksaan antigen Covid-19, untuk Perjalanan.

Anggaran Rikkes Berkala 2022 akan dioptimalkan untuk All Coverage pemeriksaan kesehatan berkala seluruh anggota, tanpa terkecuali.

Sementara, Biddokkes sedang mengupayakan rebranding layanan, dengan Motto layanan Prioritas Anggota Polri/Asn dan Keluarga, pelayanan kesehata luar biasa.

Standart covid anggota, dengan memberikan Vitamin, Telemedicine, Homecare yang akan ditingkatkan dan dioptimalkan melalui monitoring evaluasi secara berkala, kepada semua urusan kesehatan dan Rumah Sakit Bhayangkara.

BACA JUGA :  Lima Pelaku Pembunuhan di Balongsari Surabaya Akhirnya Ketangkap 1 Buron

Tahap awal diarahkan untuk kabag SDM masing2 Polres mengirimkan 100 personil yang memiliki masalah kesehatan, untuk dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara sesuai Rayonisasi.

Dari 10 Rumah Sakit Bhayangkara masing masing akan dibebankan untuk membantu memonitor kesehatan anggota Polres jajaran, anggota yang sakit kronis, anggota yang dalam status WFH, anggota yang cuti sakit termasuk anggota yang terdampak Covid.(Ark/*)