Lensa Nusantara
Berita Pemerintahan

Bupati Bantaeng Hadiri Penerimaan Penghargaan APE Secara Daring

Bantaeng, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bantaeng baru saja menerima penghargaan sebagai Kabupaten Penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan secara virtual kepada Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng, Rabu (13/10).

BACA JUGA :  Polres Bogor Bersama Satgas Covid-19 Lakukan Operasi Yustisi di Masa PPKM

Penghargaan APE 2020 diberikan kepada 13 Kementerian, 29 Provinsi dan 266 Kabupaten/Kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini didapatkan setelah dilakukan evaluasi dari pengarusutamaan gender. Dimana ada 7 komponen yang harus dipenuhi yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender dan partisipasi dari masyarakat yang ada di Kab. Bantaeng.

BACA JUGA :  Aktif dengan Kegiatan Desa Binaan, Babinsa Sumber Salak Bantu Renovasi Mushollah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam sambutannya menuturkan pentingnya pengarusutamaan gender (PUG) untuk memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlbat dalam proses pembangunan. “Sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua”, ujarnya.

BACA JUGA :  BPD Desa Grujugan Kidul Surati Pemkab Bondowoso, Inspektorat Diminta Turun ke Desa, Ada Apa?

Penghargaan APE sebelumnya telah dijemput di Jakarta dan diterima oleh Bupati Bantaeng di Makassar pada 28 September 2021 lalu. Namun pemberian penghargaan secara resmi dilaksanakan pada hari ini secara daring (online).(Fahmi)