free stats

Implementasikan Satu Data, Pemkab Pamekasan Terima Penghargaan dari BPS Jatim

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur dalam implementasi satu data Indonesia.

Penghargaan harapan tiga tersebut diberikan langsung oleh Kepala BPS Jawa Timur, Dr. Dadang Hardiwan kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati. Kamis (03/02/2022).

Pemberian penghargaan itu disaksikan Sekretaris Daerah, Totok Hartono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Taufikurrahman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Ir. Muhammad, asisten, serta jajaran pejabat dari BPS Pamekasan.

BACA JUGA :  Bupati Pamekasan Terima Penghargaan Pocadi Dari Perpustakaan Nasional RI

“Penghargaan ini sebagai tindak lanjut dari Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, dimana daerah harus melaksanakan yang namanya satu data Indonesia. Di Pamekasan ini sudah menindaklanjuti,” ujar Kepala BPS Jawa Timur, Dr. Dadang Hardiwan.

Menurutnya, Pemkab Pamekasan telah menindaklanjuti regulasi itu dengan menerbitkan peraturan bupati (perbup) tentang satu data Pamekasan. Hal itu menjadi salah satu indikator penilaian atas raihan penghargaan tersebut.

Selain itu, tambah dia, indikator lainnya adalah aktifitas satu data di Pamekasan, dan adanya portal satu data. Dari beberapa indikator penilaian ini, Pemkab Pamekasan berhak mendapatkan 6 terbaik atau harapan 3 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

BACA JUGA :  Bupati Minsel Franky Wongkar Hadiri Rapat Koordinasi HLM Provinsi Sulut Tahun 2022

“Ini penting karena data statistik ini bukan hanya data BPS, tetapi juga data dari pemerintah daerah. Ini penghargaan tahun 2021, untuk 2022 insyaallah akan kami lakukan penilaian kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Taman menyampaikan terimakasih kepada BPS atas apresiasi yang diberikan kepada pemerintah kabupaten. Namun yang pasti, penghargaan tersebut merupakan bonus dari kerja luar biasa yang telah dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD).

BACA JUGA :  HUT BNN Ke-20, BNNK Way Kanan, Adakan Donor Darah & Pengobatan Gratis

“Kerja luar biasa dari Pemkab Pamekasan mendapat legitimasi atau penghargaan dari BPS Jawa Timur. Penghargaan ini bukan untuk saya, tetapi untuk masyarakat Pamekasan. Tetapi saya belum puas capaian ini,” ungkapnya.

Dia berharap, pihaknya mampu meningkatkan capaian tersebut menjadi terbaik ketiga hingga terbaik pertama di Jawa Timur. Tentunya dengan mengevaluasi kekurangan yang perlu diperbaiki untuk mencapai target itu.

“Terimakasih kepada BPS Jawa Timur dan kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras. Mudah-mudahan menjadi torehan kebaikan persembahan kita oleh seluruh elemen rakyat,” pungkasnya.(Rofiudddin/Adv)