free stats
Polri  

Kapolres Optimis Pembetukan Satgas Untuk Atasi Permasalahan Pertambangan Pasir Akan Meningkatkan PAD Kabupaten Lumajang

Lumajang, LENSANUSANTARA.CO.ID
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pertambangan Pasir di Kabupaten Lumajang.
Satgas tersebut rencananya akan diisi jajaran PD terkait dari Pemerintah Kabupaten Lumajang, unsur TNI-Polri, Kejaksaan Negeri serta beberapa instansi.

“Saya minta asisten ( perekonomian dan pembangunan ) membuat SK bupati dan merumuskan serta melakukan koordinasi dengan teman-teman kodim polres dan kejari, untuk memetakan tugas dan fungsi satgas ini,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam rapat koordinasi yang membahas tentang pertambangan pasir di Kabupaten Lumajang, bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang, Rabu (6/4/2022).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa satgas tersebut nantinya akan melakukan upaya preventif hingga melakukan penindakan terhadap oknum pelaku pertambangan yang menyalahi aturan.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengungkapkan, bahwa dirinya optimis keberadaan satgas tersebut akan membantu penataan pertambangan pasir di Kabupaten Lumajang lebih baik dan PAD Kabupaten Lumajang turut meningkat.

“Saran kami Satgas Terpadu, kita sama-sama melakukan kegiatan, ini bertujuan untuk tertata dengan baik, PAD daerah meningkat, semua tertib bonusnya keamanan dan kondusifitas terjaga,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Oktafiani juga meminta, agar satgas segera dibentuk agar ada fokus penanganan permasalahan terkait tambang pasir.

“Untuk membuat satgas penanganan ini, agar yang sudah direncanakan bisa terlaksana, penanganan akan fokus dan tidak menganggu hal yang lain,” terangnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Lumajang E.R Wiranto menuturkan, bahwa memang sudah seharusnya pertambangan pasir dikelola dengan penataan yang lebih baik. Menurutnya, pertambangan pasir akan memberikan berkah bagi masyarakat jika dikelola dengan baik, dan bisa menjadi musibah jika tidak dikelola dengan baik.

Dirinya pun mengajak, agar seluruh instansi yang nantinya tergabung dalam satgas tersebut bekerja sama dan saling menguatkan satu dan lainnya.

“Ketika memliki tujuan yang sama, kita satukan tekad untuk menuju ke hal yang lebih baik,” pungkasnya. ( Amir )