free stats

Sebanyak 24.500 Siswa SD di Cilacap Ikuti Ujian Sekolah Tahun 2022

Cilacap, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ujian sekolah dasar tahun pelajaran 2021/2022,  mulai  hari ini senin, 18 April 2022 serentak di laksanakan di seluruh SD yang ada di wilayah kabupaten Cilacap,  baik swasta maupun neneri. dan berlangsung selama 5 hari.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, yang dalam hal ini di wakili oleh  kepala bidang pendidikan dasar,  Kastam S.Pd, M.Pd, menuturkan,   Ujian sekolah tahun ini di ikuti oleh 1031 SD  dengan peserta 24.500 siswa, yang  di laksanakan mulai pukul 7.30 sampe jam 11 wib dan akan berlangsung dari  tanggal 22 s/d 22 April 2022.

“Ujian SD di kabupaten Cilacap di ikuti oleh sekitar 24.500 siswa dari 1031 sekolah,  dan  berlangsung dari tgl 18 s/d 22 April 2022. dengan 9 mata pelajaran ,  Ujian dilaksanakan mulai jam 07.00 s/d jam 11.00. dimana setiap hari ada 2 mata pelajaran yg diujikan.” jelasnya.

Kastam menambahkan,  untuk pengawas ujian di lakkukan dengan cara silang,  yaitu guru yang menjadi pengawas ujian berasal dari sekolah tersebut hanya bukan guru kelas 6.

“Pengawasan Ujian sekolah dilaksanakan secara silang dalam satu sekolah,  artinya kegitan Ujian diawasi oleh guru dari sekolah tersebut,  tapi bukan dari guru kelas 6,   melainkan dari guru kelas 5 atau kelas di bawahnya,   boleh juga  juga dari guru mapel Penjas, atau  PAI.  tujuanya agar siswa dapat mengerjakan ujian dengan penuh konsentasi, karena di awasi bukan dari wali kelasnya,”ungkap Kastam

Ketika di singgung  apakah ada siswa yang tidak bisa mengikuti ujian karena sakit atau sebab lain , di jawab sampe saat ini belum ada laporan dari sekolah atau korwil tentang hal tersebut.

“Sampai siang hari ini,  pertama pelaksanaan Ujian sekolah tidak ada laporan dari sekolah atau dari korwil tetang siswa tidak bisa mengikuti ujian, mudah mudahan ke depan bisa  berjalan lancar dan kondusif sampe berakhirnya masa ujian, ” imbuhnya.

Terpisah , Korwil  Bidang pendidikan  kecamatan Cilacap Utara, Pardi, S.Pd, M.Pd , berpendapat, agar ujian tersebut di laksanakan dengan sungguh sungguh, maka pelaksanaanya di awasi oleh guru lain sekolh yang terdekat, namun untuk pengoreksian nya di lakukan oleh guru sekolah masing masing.

“Yang namanya ujian sekoah, ya dilaksanakan di sekoalah masing -masing,  tetapi biar anak bener-benar sungguhan dalam mengerjakan soal,  maka pendapat kami untuk pengawas ujian tersebut,  di awasi oleh guru dari sekolah lain yang terdekat,  namun untuk mengoreksi soal-soa,  ya guru sekolah yang bersangkutan,”  terangnya.

Saat di tanya berapa siswa yang mengikuti ujian sekolah tahun ini, Pardi menjawab, siswa yang mengikuti ujian tahun ini ada 1207 , mudah- mudahan tidak ada kendala,  mengingat kita tetap melaksanakan prokes,  agar semua peserta ujian bisa meksanakan dengan tenang dan lancar, tambah pardi.(Sahid)