free stats

Bupati Bojonegoro Dampingi Gubernur Jatim di HUT ke-46 Koperasi Kareb, Dorong Penguatan Ekonomi Warga

Bojonegoro, LENSANUSANTARA.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menghadiri perayaan HUT ke-46 Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (KAREB), Jumat (2/9/2022). Perayaan sekaligus launching 15 armada dumptruck dan penyerahan bantuan yang digelar di Jalan Basuki Rahmat No 7, Kecamatan Bojonegoro.

Kegiatan HUT ini juga sekaligus me-launching pelatihan usaha untuk anggota, karyawan beserta keluarga. Selain itu juga penyerahan bantuan zakat produktif untuk modal usaha ultramikro dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jatim, pembagian bingkisan sembako dan santunan pada yatim.

Selain Gubernur Jatim dan Bupati Bojonegoro, hadir pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim, jajaran Forkopimda Bojonegoro, dan jajaran asisten dan staf ahli, Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Supomo, Direktur utama beserta jajaran direksi Koperasi Kareb, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro, dan tamu undangan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kesempatan itu menuturkan, penyaluran zakat produktif bertujuan untuk menambah kekuatan ekonomi warga. Sehingga dari pengusana ultramikro, menjadi pengusaha mikro, berlanjut menjadi pegusaha kecil, pengusaha menengah hingga jadi pengusaha besar.

“Mudah-mudahan semuanya sukses, lancar dan berkah. Kita juga bersama-sama meluncurkan pelatihan usaha untuk anggota, karyawan beserta keluarga. Mudah-mudahan semuanya diberikan kemudahan dan kelancaran,” ujar Gubernur Khofifah.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jatim di Bojonegoro khususnya di Koperasi KAREB. Di Kabupaten Bojonegoro, kata Bupati, terdapat kurang lebih 2.000 koperasi. Sementara yang aktif ada 700 koperasi.

“Yang paling top Koperasi Kareb. Terima kasih dengan hadirnya koperasi ini dapat mendorong indikator pergerakan ekonomi dan memberikan manfaat pada warga Bojonegoro,” terang Bupati.

Kehadiran Gubernur, lanjut Bupati Anna juga menjadi nilai positif dan dapat memotivasi semua pihak.

Sementara, Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM Supomo mengatakan, Koperasi Kareb merupakan mitra strategis LPDB sejak 2013 yang telah menyalurkan Rp 31,3 miliar untuk men-support salah satunya dump truk. Sebab, armada ini sangat menguntungkan dan dibutuhkan yang berdampak pada kesejahteraan anggota koperasi.

“Harapan kita, lanjutkan. Jangan berhenti di sini. Pemprov dan pemkab, LPDP akan support semua. Tantangan ke depan memang berat, namun LPDB ada khusus untuk koperasi, jadi jangan disia-siakan. Yuk, berkoperasi. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk maju bersama,” ujarnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Direktur Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (KAREB) Sriyadi Purnomo dalam laporan penyelenggaranya mengatakan, Koperasi Kareb Bojonegoro memiliki 28 unit dumptruck yang dibayai oleh LPDB. Sementara ada total 43 unit tronton tiap hari melanglangbuana di wilayah Bojonegoro, Tuban dan seputar Jatim.

Sriyadi menambahkan, dengan adanya dump truck memberikan peluang pekerjaan, dan dapat memperluas serta mengembangkan usaha.

“Kami memberikan ilmu kepada anggota keluarga, karyawan. Dan untuk saat ini sudah ada 500 pendaftar. Semoga jadi wirausahawan dan bisa menopang perekonomian keluarganya. Yang di antaranya bergerak di bidang mamin, bakul sayur, peternak, dan lainnya. Semoga ke depan bisa lancar,” terangnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahaan bantuan zakat produktif untuk 150 orang penerima usaha ultramikro dari Gubernur. Sriyadi berharap, semoga bantuan dapat membantu Bapak/Ibu untuk menambah modal usaha dan usahanya bisa lebih besar lagi.

Dalam kegiatan HUT ke-46 Koperasi Kareb ini juga turut menyerahkan 3.000 paket sembako dari Koperasi Kareb secara simbolis kepada sembilan orang.

Kegiatan dilanjut dengan pemukulan gong untuk membuka pelatihan usaha untuk anggota, karyawan, dan keluarga oleh Gubernur Jawa Timur. Selanjutnya launching
armada dumptruck secara simbolis melalui pemecahan kendi dan pemberangkatan 15 dumptruck.

Rombongan juga berkunjung di Pabrik Unit SKT dan melihat Koperasi Kareb serta pelatihan usaha untuk anggota, karyawan beserta keluarga Koperasi Kareb. (Muji)