Daerah

Musim Pancaroba Tiba, Petani Tembakau Jemur di Pinggir Jalan Pantura Situbondo

×

Musim Pancaroba Tiba, Petani Tembakau Jemur di Pinggir Jalan Pantura Situbondo

Sebarkan artikel ini
Warga Situbondo saat menjemur Tembakau. Selasa, 4/10/2022. (Foto: Uday/Lensa Nusantara)

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Musim pancaroba tiba melanda Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, hal ini tentu sangat dikeluhkan oleh para petani tembakau yang seharusnya menjemur hasil tembakau irisannya selama 1 hingga 2 hari, namun musim pancaroba ini harus menjemur hingga 5 hari lamanya, Selasa (04/10/2022).

Dari rilis BMKG untuk wilayah Situbondo, pagi cerah berawan, siang hujan ringan, sore cerah berawan, malam cerah berawan.

Example 300x600

Pantauan LensaNusantara.co.id di lapangan, nampak jejeran kotak bambu tradisional sepanjang 100 meter, dengan per kotak bambu berisi 1 ons tembakau kering.

Menurut Santoso pekerja buruh tembakau mengatakan, penjemuran di pinggir jalan raya Pantura Desa Mlandingan, Kecamatan Mlandingan, Situbondo, untuk memperoleh hasil yang maksimal terhadap keringnya, dan juga di pinggir jalan ini tembakau terkena angin kendaraan yang melintas sehingga mempercepat keringnya tembakau.

“Penjemuran ini sebagai bentuk pola yang baru diuji coba sekarang, hasilnya cukup bagus, tembakau yang kami jejer di pinggir jalan pantura ini cepat kering,” ujar Santoso.

Masih kata Santoso, tembakau yang ada di Kabupaten Situbondo sangat bagus, perkilogram tembakau Situbondo bisa mencapai 60-80 ribu rupiah.

“Tembakau disini selain harganya yang bagus, daya jualnya juga bagus, saya orang Bondowoso yang sudah 30 tahunan menjadi pekerja tembakau tidak pernah melihat tembakau yang bagus selain di Situbondo,” ungkap Santoso pria kelahiran Bondowoso. (day)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.