Berita

Bupati Tapsel Hadiri Zikir Akbar dan Muhasabah Bersama IPHI

×

Bupati Tapsel Hadiri Zikir Akbar dan Muhasabah Bersama IPHI

Sebarkan artikel ini
Bupati Dolly hadiri zikir dan muhabasah akhir tahun 2022 dengan ratusan jemaah IPHI Tapsel di Masjid Raya Baburrahmat Kelurahan Pasar Pargarutan Angkola Timur,Selasa 27/12/2022 (Foto: Dok.Humas Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ratusan jemaah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), mengikuti zikir dan muhasabah akhir tahun 2022 di Masjid Raya Baburrahmat, Kelurahan Pasar Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, pada Selasa (27/12).

Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, tampak hadir didampingi Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kabag Kesra, Camat Angkola Timur, dan Ketua MUI Tapsel. Kegiatan itu, mengangkat tema, “Pererat persaudaraan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah”.

Example 300x600

Bupati berharap acara itu dapat menjadikan seluruh jemaah yang terhimpun di IPHI makin erat satu sama lain. Apalagi, kata Bupati, seperti diketahui Covid-19 ternyata sanggup menghentikan ibadah Haji sampai Umrah di luar musim Haji.

BACA JUGA :  Total Data Suspek Covid -19 Capai 2.110 di Inhu

“Mudah-mudahan, dengan tren yang semakin menurun, menyebabkan kita tidak lagi terkendala dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan. Mari jadikan IPHI adalah sarana mendekatkan diri pada Ilahi dan sarana silaturahmi serta mempererat persaudaraan bagi kita yang sudah pernah berhaji,” harap Bupati.

Bupati menceritakan pengalaman sewaktu berangkat haji pertama 2004 lalu. Di mana, atas pengalaman tersebut, dirinya kagum melihat aktivitas kaum muslim selama di Makkah. Ia melihat jemaah begitu khusyuk dalam melakukan ibadah. Semoga, tetap bisa dibawa semangat itu ketika kembali ke Tapsel.

BACA JUGA :  Cakades No Urut 02 Rusyadi Klaim Kemenangan Bersama

“Dengan pengalaman itu, saya berpesan ke jemaah yang sudah melaksanakan Haji untuk tetap berupaya istiqomah menjaga kebiasaan sewaktu di Makkah agar tetap terjaga akan mabrurnya Haji,” harapnya.

Di sisi lain, Ketua IPHI Tapsel, Sulaiman, dalam laporannya menyampaikan, sejak 2018 jumlah jemaah sebanyak 1.350 orang. Tapi katanya, seiring dengan terjadinya Covid-19, jumlah jemaah yang aktif menurun drastis.

“Ini merupakan langkah kita untuk mengembalikan kegiatan-kegiatan IPHI. Di beberapa daerah, jemaah yang baru kembali saya terus mengajak mereka agar bergabung. Mudah-mudahan, upaya kita berhasil, agar Haji dan Hajjah mabrur dunia akhirat,” terangnya.

BACA JUGA :  Hadiri Dirgahayu ke-75 Monumen Juang Benteng Huraba, Bupati Tapsel: Simbol Perjuangan dan Bukti Sejarah

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan pengeras suara kepada Kecamatan Sipirok, Arse, Marancar, Angkola Barat dan Batang Toru. Pengeras suara tersebut sebagai penunjang kegiatan IPHI di Kecamatan dan ini merupakan tahap awal yang selanjutnya akan diberikan ke seluruh kecamatan di Tapsel. (Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.