Berita

Bupati Labuhanbatu Cek Kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Toba 2023

×

Bupati Labuhanbatu Cek Kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Toba 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Labuhanbatu
Bupati Labuhanbatu, dr. Erik Adtrada Ritonga, MKM bersama unsur Forkopimda Labuhanbatu Cek Kesiapan Pasukan Ops Ketupat Toba 2023. Senin (17/4/2023) di Lapangan Mapolres Labuhanbatu. (Dok : Diskominfo Kabupaten Labuhanbatu)

Labuhanbatu, LENSANUSANTARA.CO.ID. Bupati Labuhanbatu, dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM bersama unsur Forkopimda Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara cek kesiapan pasukan Ops Ketupat Toba 2023 di lapangan Mapolres Labuhanbatu, Senin (17/4/2023) pada apel gelar pasukan Ops Ketupat Toba 2023.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2023. Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinyal kualitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Example 300x600

Oleh sebab itu Polri bersama Stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023 selama 14 Hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan krid tanggal 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2-9 Mei 2023.

BACA JUGA :  Kelompok Tani Nipah Kwala Serapuh Minta KLHK Cabut Ijin Kerjasama

Operasi Ketupat Toba 2023 ini melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Marga, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas di seluruh Indonesia.

Sementara di Kabupaten Labuhanbatu, menurut Kapolres Labuhanbatu, AKBP James H. Hutajulu, S.I.K., S.H., M.H., M.I.K ada sekitar 659 personil gabungan yang terlibat dalam pasukan Ops Ketupat Toba 2023.

“Kita libatkan 659 personil gabungan dari TNI -Polri dan Pemkab Labuhanbatu yang akan ditempatkan diberbagai pos pengamanan lebaran,” jelas Kapolres.

BACA JUGA :  Bupati Labuhanbatu Sambut Kedatangan Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar

Pada tahun 2022 lalu ada tujuh titik kemacetan yang rawan terjadi di Labuhanbatu terkhusus Labuhanbatu Utara.

“Disana nanti akan kita pusatkan pasukan melakukan pengamanan,” ujar Kapolres.

Sebelumnya ditempat yang sama Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, S.E membacakan pidato tertulis dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, yang mana dalam amanatnya disampaikan permasalahan laka lantas dan pengoptimalan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personil dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.

Di samping itu Kapolri juga mengingatkan kepada personil operasi ketupat untuk mengingatkan masyarakat agar memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

BACA JUGA :  Melaksanakan Vaksinasi Merdeka, Kapolres Way Kanan Hadiri Diklinik Trans Medika Kecamatan Way Tuba

“Apabila terjadi Lakalantas segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” sebut Kapolri.

Terlihat hadir mengikuti upacara gelar pasukan pada Ops Ketupat Toba 2023, para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara, para Kepala OPD, personil Polres Labuhanbatu, TNI, Tokoh masyarakat dan Tokoh agama .

Apel ditandai dengan penyematan pita personil operasi oleh Bupati Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Kapolres kepada komandan personil. (Dodi Tua Gultom)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.