Besok Hari ke-29 Puasa Ramadhan, Warga Bondowoso Diprediksi Bisa Melihat Gerhana Matahari Hibrida, Catat Waktunya

Gerhana Matahari
Gambar Ilustrasi Gerhana Matahari

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Gerhana matahari hibrida diprediksi akan terjadi pada 20 April 2023. Gerhana matahari langka itu bisa dilihat disebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gerhana matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023. Sedangkan gerhana yang teramati dari Jawa Timur berupa gerhana matahari sebagian. Adapun di Bondowoso, kontak awal 09:28 WIB, puncak gerhana 10:55 WIB, kontak akhir 12:26, magnitudo gerhana 0,700.

BACA JUGA :  SDN Taman 1 Terus Perkuat Digitalisasi Sekolah, Pekan Depan Siap USPBK Gunakan CBT

Jika benar gerhana matahari hibrida terjadi besok  Kamis 20 April atau hari ke-29 puasa Ramadhan 1444 H, maka masyarakat Bondowoso pun bisa melihatnya secara langsung dimulai pukul  09:28 WIB sampai pukul 12: 26 WIB.

BACA JUGA :  Melalui IHT, SMPN 2 Satu Atap Botolinggo Bondowoso Kembangkan Literasi Numerasi Multimoda

Namun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tidak menyarankan masyarakat melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Sebab hal itu dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata saat menatap cahaya terang, Sakit mata, Mata berair, hingga Sakit kepala. LAPAN menyarankan agar memakai alat bantu untuk melihat gerhana matahari.

BACA JUGA :  SMPN 1 Taman Krocok Menuju Green School dan Sekolah Pelopor Peduli Lingkungan

Selain itu, dalam khazanah Islam, gerhana matahari disebut kusuf as-syams. Saat terjadi gerhana umat Islam dianjurkan untuk melakukan sholat kusuf atau sholat gerhana. juga dianjurkan untuk banyak membaca istighfar, takbir, dan sedekah.