Advertorial

Realisasikan Visi Misi Bupati dan Wabup Bondowoso, Diskominfo Kerja Sama dengan PLN Icon Plus

×

Realisasikan Visi Misi Bupati dan Wabup Bondowoso, Diskominfo Kerja Sama dengan PLN Icon Plus

Sebarkan artikel ini
Bupati Bondowoso
Bupati Bondowoso saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman antara pemkab Bondowoso dengan PT. Indonesia Comnent Plus. Senin, 22/5/2023.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika Bondowoso menggandeng PLN Icon Plus melakukan perjanjian kerjasama di Peringgitan Pendopo, pada Senin (22/5/2023).

Example 300x600

Menurut General Manager PLN Icon Plus wilayah Jawa Timur, Hendriko Holomon Batubara, kerjasama ini diharapkan menjadi restu dari pemerintah daerah bagi PLN Icon Plus untuk membangun jaringan internet ke tingkat desa. Setelah sebelumnya selama ini telah dibangun di tingkat kecamatan, Puskesmas, hingga ke Kelurahan.

PLN Icon plus sendiri selama 23 Tahun telah diperbolehkan oleh PLN pusat menggunakan tiang listrik PLN. Jadi kemana pun ada ting listrik maka LN Icon plus bisa mengaliri internet.

BACA JUGA :  SMPN 1 Taman Krocok Hadirkan Narasumber Berbagi Praktik Baik IKM dan Pengajar Praktik PGP

“Diharapkan dengan kemampuan PLN icon plus bisa membantu Kabupaten Bondowoso menjangkau desa-desa yang tak bisa dijangkau oleh layanan internet,” jelasnya.

Ia menyebutkan, bahwa kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan di 113 desa di Banyuwangi sejak 2017 ini jangkuan kabelnya telah sampai ke Ijen.

Sehingga jika hendak disambungkan ke Bondowoso maka akan mudah dengan investasi yang sangat kecil.

“Investasi sekitar 400 kiloan, tapi tidak dibayarkan oleh Kabupaten semua. Kabupaten hanya bayar sewa bulan. Kami menyasar (sewa,red) sekitar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta per bulan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Penurunan Stunting Tahun 2023, Bondowoso Peringkat 7 se-Jawa Timur

Kepala Dinas Komunikasi dan Infromasi (Diskominfo) Bondowoso, Ghazal Rawan, mengatkan, untuk pemetaan Desa yang akan menjadi sasaran utamanya masih akan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten.

Namun memang kerjasama ini merupakan bagian dari realisasi dari visi dan misi Bupati dan Wabup, yakni membangun Bondowoso dari pinggiran melalui konektivitas internet.

BACA JUGA :  Laksanakan Program Besek Tape, Kapolres Bondowoso Ajak Stake Holder Tekan Kriminalitas

“Yang kita sasar 209 desa itu, kalau 400 kilo itu kan tarikan kabel VO yang menurut perkiraan PLN Icon plus,” jelasnya.

Ia menerangkan, bahwa pihaknya tentu juga akan menyasar kawasan blanck spot. Yang saat ini jumlah ada 42 titik.

“Kita berharap semakin memperkecil tidak terjangkaunya jaringan internet di desa. Jadi konektivitas itu semakin dekat,” pungkasnya.(Adt/ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.