Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi Magetan Adakan Kegiatan Pembuatan Bubur California

×

Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi Magetan Adakan Kegiatan Pembuatan Bubur California

Sebarkan artikel ini
PPL Penyuluh Pendamping Desa Turi
Pembuatan Bubur California oleh Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi, Kamis (08/06/2023) (Foto : Diajeng/LensaNusantara).

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pembuatan Bubur California yang diadakan oleh Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan yang didukung langsung oleh dinas terkait.

Pembuatan pupuk Bubur California ini agar kelompok tani bisa mandiri dan tidak tergantung dengan pupuk subsidi, Kelompok Tani Sido Makmur dibimbing langsung oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Panekan.

Bubur California ini dibuat untuk penghematan operasional kebutuhan bercocok tanam terutama padi.

Tutik Handayani, Koordinator BPP Panekan menjelaskan, bahan untuk pembuatan Bubur California Belerang 1 kg, Kapur 2 kg, air 10 L (1 : 2 : 10).

BACA JUGA :
Beredar Informasi HDI Ditutup, Ini Rilis Resmi Tim Higgs Domino Island

Adapun alat yang harus disediakan :
Baskom atau kaleng cat, drum atau kuali, kompor/tungku, kayu, pengaduk kayu, jerigen/botol.

“Kami dari BPP menyampaikan kepada kelompok tani agar bisa membuat sendiri. Harapannya petani bisa mandiri tidak tergantung dari pupuk subsidi dan untuk harganya lebih murah,” katanya.

Harmanto selaku PPL Penyuluh Pendamping Desa Turi menjelaskan, dengan adanya pembuatan pupuk Bubur California yang diinginkan dari masing-masing petani individu atau kelompoknya bisa berjalan untuk pembuatan Bubur California ini, sasarannya untuk penghematan operasional kebutuhan bercocok tanam terutama padi dan tanaman hultikultura.

BACA JUGA :
Hadiri Sosialisasi Internet Cerdas Forum Anak se-Tapsel, Bupati Dolly Imbau Anak-anak dan Remaja untuk Bijak dalam Bermedsos

“Jadi nanti pestisida, fungsida ataupun yang lainnya itu biasanya bisa tertekan pada pembuatan secara mandiri,” jelasnya.

Sambung Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi menambahkan, harapannya untuk mengurangi zat kimia, pihaknya dari kelompok tani bisa ada kegiatan tersebut untuk memajukan Kelompok Tani Sido Makmur Desa Turi.

“Agar anggota lebih semangat, kami memberikan penjelasan hasil dari pertemuan BPP Panekan di Dinas Pertanian, hasil dari pertemuan kami sampaikan kepada anggota agar para petani bisa memahami masalah pembuatan pupuk organik, insentisida dari organik, untuk itu pestisida dari pupuk kimia bisa berkurang,” ucapnya.

BACA JUGA :
Kasat Lantas Polres Solok Lantik 65 Orang Polisi Keselamatan Sekolah di SMAN 1 Gunung Talang

“Kami berterimakasih kepada dinas terkait yang telah memberikan dukungan kepada kami, sehingga petani bisa praktek membuat Bubur California dan semoga kami bisa mendalami ilmu dari Dinas Pertanian,” tutupnya. (Diajeng)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.