Berita

Bupati Bondowoso Salurkan 43.660 Liter Pupuk Gratis

×

Bupati Bondowoso Salurkan 43.660 Liter Pupuk Gratis

Sebarkan artikel ini
Bupati Bondowoso
Drs. KH. Salwa Arifin secara simbolis menyerahkan 43.660 Liter Pupuk Hayati Cair (PHC) kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Masukuning Kecamatan Pujer Bondowoso,Jawa Timur, (12/06/2023).

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Solusi Cerdas ditengah Kelangkaan pupuk , Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin secara simbolis menyerahkan 43.660 Liter Pupuk Hayati Cair (PHC) kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Masukuning Kecamatan Pujer Bondowoso,Jawa Timur, (12/06/2023).

Bupati juga menyampaikan akan memberikan bantuan pupuk ZA pada petani sebanyak 700 ton.

Example 300x600

“Pemkab akan terus mengusahakan kebutuhan petani terhadap kebutuhan pupuk. Untuk sementara adalah PHC, sebanyak 43.660 liter. Khusus untuk petani binaan BPP Maskuning dapat jatah 8.800 liter,” jelasnya.

Dikatakan bahwa Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPKP) akan membantu petani pupuk ZA sebanyak 700 ton.

BACA JUGA :  Sambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-66, SATLANTAS Polres Bondowoso Santuni Anak Yatim Dampak Covid-19

“Doa’akan semoga ihtiar ini berhasil.
Saya berharap petani, terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian. Jangan hanya berfikir tentang pupuk saja, tapi faktor yang lain juga harus dilakukan,”tegasnya.

Pola lama yang kurang baik kata bupati harus ditinggalkan. Harus berubah mengikuti sistem yang baru dengan matuhi petunjuk dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar hasil pertaniannya lebih baik.

Ditempat yang sama, Kepala Disperta, Hendri Widitono, mengatakan, Gapoktan yang menjadi binaan BPP Maskuning adalah Gapoktan Tlogosari, Jambesari Darussholah, Pujer, dan Tamanan.

“Untuk petani yang tergabung dalam BPP lain menunggu giliran untuk mendapatkan bantuan PHC. Sedangkan untuk bantuan Pupuk ZA masih on proses,” imbuhbya.

BACA JUGA :  Digelar di Mall SCP dan Samarinda Square Honda Weekend Exhibition Hadir Bersama All New Honda PCX

Dikatakan bahwa sesuai petunjuk Bupati ,Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bondowoso berupaya mendapatkan bantuan dari Ditjen Prasana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementrian Pertanian berupa pupuk hayati cair

“Alhamdulillah berhasil diharapkan dengan ,bantuan pupuk cair yang diberikan kepada kelompok tani dapat merubah mindsite para petani agar tidak selalu bergantung pada pemakaian  pupuk urea.,” ungkapnya.

“Pupuk cair ini kita lihat nilai manfaatnya sangat membantu para petani dalam mengolah pertanianya,bkarena PHC mengandung merupakan sekumpulan organisme hidup yang aktivitasnya bisa memperbaiki kesuburan tanah, pupuk yang mengandung mikroba dan bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman dengan menyediakan hara,”paparnya.

BACA JUGA :  Diskominfo SP Teken MoU Dengan Bawaslu Kab.Bantaeng, Siap Wujudkan Demokrasi yang Sehat

Diharpkan petani di Bondowoso jadi petani yang handal dan profesioanal. karena ketahanan pangan, yang merupakan program nasional, tergantung kesuksesan petani dalam mengelola pertaniannya.

Sementara itu mewakili Gapoktan Mustafa Ketua Gapoktan Silek Raya menyampaikan terima kasih kepada pemkab Bondowoso.

“Terima kasih kepada Bupati dan Dinas Pertanian yang memberikan solusi kekurangan pupuk dengan pbagian PHC ini,”ungkapnya.

Pihaknya berkomitmen jika hasil panen setelah mengunakan PHC cukup bagus maka akan dilakukan berkesinambungan guna mengatasi kelangkaan pupuk Urea. (Red/*)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.