Berita

5 Tersangka Penimbunan BBM Ditangkap Polres Jember

×

5 Tersangka Penimbunan BBM Ditangkap Polres Jember

Sebarkan artikel ini
Kapolres Jember
Tersangka beserta barang bukti dihadirkan saat press confrence di Polres Jember, Jum'at (28/7/2023).(Foto: Badri/ Lensanusantara).

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Lima (5) tersangka warga Kabupaten Jember ditangkap Polres Jember karena melakukan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Kecamatan Pakusari, Kencong, Puger dan Umbulsari, Jum’at (28/7/2023).

AKBP Moh. Nurhidayat Kapolres Jember mengatakan, ada laporan dari warga dan polisi sudah menindaklanjuti temuan di lapangan. Namun yang bersangkutan berbeda sindikat dan kelompok dengan berbagai modus.

Example 300x600

“Tersangka membeli BBM tersebut kemudian disalin ke jerigen, dikumpulkan dalam tempat penampungan berulang dalam 1 SPBU,” kata Kapolres Jember saat press conference.

Kemudian lanjut Kapolres, mobil dimodifikasi tempat penyimpanan BBM kendaraan hingga mencapai 200 liter, sehingga seolah-olah tidak masalah kelebihan volume setiap kendaraan BBM baru diturunkan kemudian disedot baru dikumpulkan.

BACA JUGA :  Penguatan Sinergitas DP3AKB Jember Gandeng Dandim 0824 Optimalisasi Pencegahan Stunting

“Kami melakukan penyelidikan, saksi-saksi sudah diminta keterangan dari pihak SPBU, kemudian yang memanfaatkan dari BBM itu. Kemudian tersangka dijual kembali ke SPBU mini,” ujarnya.

Selanjutnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Migas, peran SPBU untuk mencegah , kedepan ini tidak terulang untuk oknum masyarakat, sindikat dan kelompok.

BACA JUGA :  Polres Jember Ungkap Kasus Sabu 10,44 Gram

“Karena nanti kalau ada kelangkaan BBM otomatis akan di Lidik ulang ada kebocoran akan di tindak tegas. Sementara ada 5 tersangka semuanya kelahiran Kabupaten Jember,” jelas Nur Hidayat Kapolres Jember.

Barang bukti yang diamankan Polisi 2 kendaraan roda empat, 1 kendaraan roda tiga dan 1 roda dua dan beberapa jenis perlengkapan penampungan jerigen. Hasil penjualan BBM kurang lebih Rp. 10.500.

BACA JUGA :  Dari Artis Jambi, Sikumbang Water Park Hadirkan Artis Minang Ini

“Tindak pidana kita terapkan pasal 55 UU No. 22 tahun 21, sekarang sudah berubah pasal 40 (9) UU No. 6 tahun 2023. Pengembangan UU No. 2 tahun 2002 terkait dengan cipta kerja.

Tersangka belum bisa di mintai keterangan untuk proses penyelidikan lebih lanjut. (Dri).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.