Olahraga

Turnamen Sepak Bola Desa Sumowangi di Banjarnegara, Meskipun Antar Dusun Tetap Prioritaskan Aturan FIFA

×

Turnamen Sepak Bola Desa Sumowangi di Banjarnegara, Meskipun Antar Dusun Tetap Prioritaskan Aturan FIFA

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Sumowangi
Penyerahan bola dari Sponsor utama Mahmud (kaos hitam) ke Kades Sumowangi Sigro (kaos abu-abu) dalam pembukaan Turnamen Sepakat Bola Ballyam Cup 2023. Kamis (3/8/2023). (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Menjelang Dirgahayu Republik Indonesia ke 78, seolah sudah seperti adat di Nusantara. Setiap hari Kemerdekaan bagi masyarakat selalu mengadakan segala kegiatan, mulai memasang bendera, umbul-umbul, hingga berbagai macam perlombaan, seperti balap karung pakai helem, makan krupuk hingga sepak bola antar RW maupun antar Dusun di Desa.

Dalam pantauan lensanusantara.co.id di beberapa Desa di berbagai Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, lomba sepak bola masih menjadi yang paling digemari masyarakat. Selain untuk menjalin silaturahmi masyarakat antar dusun, juga secara tidak langsung bisa untuk menyalurkan bakat para pemuda yang selama ini mempunyai hobi kepada si kulit bundar itu.

Example 300x600

“Sebagai Kepala Desa kita tetap support penuh segala kegiatan selama itu positif, seperti pertandingan sepak bola Ballyam Cup 2023 Desa Sumowangi sore ini, ada beberapa desa juga yang mengadakan turnamen yang sama di Kecamatan Mandiraja, intinya kita bisa menjaga sportifitas, karena HUT RI ke 78 ini kan pesta untuk kita semua masyarakat Indonesia, dalam merayakan Kemerdekaan,” ungkap Sigro, Kades Sumowangi, Kamis (3/8/2023).

Tidak mau kalah sama pemain profesional, para pemain meskipun antar RW maupun Dusun, mulai dari pakaian, permainan, aturan, hingga wasit, semua mengikuti aturan yang diterapkan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA) sebagai kiblatnya asosiasi sepak bola tersebut.

“Pemain memang kita tekankan untuk mengikuti aturan sepak bola yang ada, jadi tidak asal main, sampai wasit dan hakim garis pun kita pilih yang memang benar-benar menguasai tentang sepak bola. Saya ucapkan terimakasih kepada Mas Mas Mahmud bakul ayam, yang telah menjadi sponsor utama dalam turnamen sore ini,” kata Sigro.

Sementara ditemui dilapangan, kepada wartawan, Mahmud mengatakan, selain untuk merayakan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 78, juga ingin melihat para pemuda Desa Sumowangi yang mempunyai bakat akan bermain sepak bola bisa tersalurkan dalam turnamen Ballyam Cup 2023.

“Kalau saya hanya ingin memfasilitasi para pemain muda di Desa yang mempunyai bakat bermain sepak bola, karena di sini aslinya banyak pemain bagus, cuma selama ini kan hanya latihan-latihan biasa, makanya saya fasilitasi sekalian agar bisa menyalurkan bakat terpendamnya,” ungkap Mahmud.

Untuk pembukaan Ballyam Cup 2023 sendiri, mempertemukan antara RW 01 melawan RW03. (Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.