Daerah

Peringati HUT RI ke-78, Puluhan Lansia Binaan Rumah Zakat Laksanakan Upacara dan Tasyakuran

×

Peringati HUT RI ke-78, Puluhan Lansia Binaan Rumah Zakat Laksanakan Upacara dan Tasyakuran

Sebarkan artikel ini
Taman Lansia Barokah
Puluhan Lansia binaan Rumah Zakat mengadakan Upacara HUT RI ke-78 yang bertempat di Lapangan Taman Lansia Barokah Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Dimulai pukul 07.30 WIB Kamis 17 Agustus 2023.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Puluhan Lansia binaan Rumah Zakat mengadakan Upacara HUT RI ke-78 yang  bertempat di Lapangan Taman Lansia Barokah Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Dimulai pukul 07.30 WIB Kamis 17 Agustus 2023.

Example 300x600

Kegiatan Upacara yang dilaksanakan oleh para Lansia ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya juga pernah melaksanakan kegiatan yang sama.

Alif Bahtiar Fasilitator Rumah Zakat  menyampaikan amanat saat upacara, agar terus mengingat jasa pahlawan karena kemerdekaan Indonesia diraih berkat perjuangan serta pengorbanan para pahlawan

“Kemerdekaan bangsa ini diperjuangkan dengan harta dan jiwa para pahlawan, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga kehormatan kemerdekaan ini. Jangan kita nodai peringatan ini dengan hal hal yang tidak mencerminkan rasa terimakasih kita kepada para pahlawan”. Tuturnya.

BACA JUGA :  Ajarkan Siswa Pandai Berterima Kasih, SMPN 1 Taman Krocok Apresiasi Pengawas USPBK

Pasca Upacara, kegiatan peringatan HUT RI ke 78 dilanjutkan dengan tasyakuran, dimana para lansia secara swadaya dan penuh semangat membawa kue tradisional bernuansa kemerdekaan serta memasak nasi tumpeng.

Mbah Nasia atau Muhammad yang memimpin tasyakuran sambil meneteskan airmata menceritakan bahwa pada saat ia berumur 6 tahun atau 1943, terjadi pertempuran di tanah Patirana Desa Wonosari yang merenggut 36 nyawa.

BACA JUGA :  Gunakan Metode Hortikultura, Pemdes Onemay di Taliabu Panen Perdana Budidaya Sayuran dan Selada

“Jaman dulu waktu saya masih berumur 6 tahun, dipatirana terjadi pertempuran dengan tentara Jepang, sekitar 36 orang yang meninggal. Saya tidak bisa menahan air mata manakala mengingat jaman dulu makanan makanan enak seperti ini belum ada. Sekarang kita sudah merdeka, harus banyak bersyukur kita” Jelasnya.

Peringatan HUT RI ke 78 ini juga di meriahkan dengan lomba-lomba yang diikuti oleh para Lansia, diantaranya adalah lomba ngepit sedotan menggunakan mulut dan hidung, lomba estafet karet, estafet tepung, lomba makan kerupuk dan lomba menusuk air menggunakan sedotan dengan mata terpejam.

BACA JUGA :  Putusan Majelis Hakim Terhadap Terdakwa Dugaan Tipikor RPS SMKN 2 Padangsidimpuan

“Tahun ini lebih meriah daripada tahun lalu, ada tasyakurannya” tutur Niru, salah seorang lansa. Selain itu lansia yang lain, Siti mengungkapkan “kegiatan ini semakin menunjukkan kekompakan Lansia, semoga semakin kompak”. Ungkapnya. (Mistari)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.