Scroll untuk baca artikel
Berita

Ribuan Masyarakat Saksikan Pembukaan Festival Pacu Jalur 2023 di Kuansing

×

Ribuan Masyarakat Saksikan Pembukaan Festival Pacu Jalur 2023 di Kuansing

Sebarkan artikel ini
Bupati Kuansing
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang diwakili Direktur Industri Kreatif Musik , Flim dan Animasi, Dr. Muhammad Amin M.Si., MA , memukul gong tanda pembukaan pacu jalur Tepian Narosa Telukkuantan, di lapangan Limuno Telukkuantan Rabu (23/08/2023).

Kuansing, LENSANUSANTARA.CO.ID – Acara pembukaan pacu jalur even nasional tahun 2023 yang dipusatkan di lapangan Limuno Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, Rabu (23/08/2023) berlangsung semarak. Ribuan masyarakat tumpah ke Kota Telukkuantan, mereka datang dari segenap penjuru negeri berjuluk seribu jalur itu ingin menyaksikan acara pembukaan Festival Pacu Jalur 2023, parade jalur serta pacu jalur hari pertama untuk 30 hilir pacu atau 60 jalur.

Tidak hanya itu saja. Ratusan warga asal Kuansing yang tinggal di perantauan seperti di Pekanbaru, juga tak ketinggalan pulang kampung ke Telukkuantan guna menyaksikan even budaya yang telah turun temurun itu. Mereka tak ingin ketinggalan ingin menyaksikan secara langsung even yang diselenggarakan di Gelanggang Tepian Narosa Telukkuantan ini.

Acara pembukaan Festival Pacu Jalur ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang diwakili Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi, Dr. Mohammad Amin M.Si M.A, didampingi Sekdaprov Riau Ir. SF Hariyanto dan Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby Ak., M.M.

BACA JUGA :
Kajati Riau Hadiri Rakor Bersama Forkopimda Dalam Persiapan Penanganan Karhutla

Hadir juga pada acara ini Ketua DPRD Riau Yulisman, Wakapolda Riau Brigjend Pol Drs K Rahmadi, Wakajati Riau Hendrizal Husin, S.H., M.H. Demikian juga tampak hadir Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, S.E, Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso, M.P, serta pejabat dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau yang hadir mewakili kepala daerahnya masing-masing.

Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi pada Kemenparekraf RI, Dr. Mohammad Amin MSi MA saat memberikan kata sambutannya sempat memuji kepintaran dan kehebatan sosok Bupati Kuansing Suhardiman Amby. Dimana katanya, Bupati Suhardiman Amby merupakan seorang pemimpin daerah yang mampu menjadi public speaking yang luar biasa.

“Pak Suhardiman Amby ini adalah bupati yang luar biasa, mampu menjadi public speaking, di mana beliau mampu berorasi dengan baik dan menyampaikan apa apa yang menjadi pesan untuk masyarakat. Luar biasa hebat dan saya tak akan mampu seperti itu,” ujarnya.

BACA JUGA :
Perkuat Pendidikan Dasar, Kadisdikpora Kuansing Turun ke Sekolah

Menparekraf RI Sandiaga Uno, kata Amin, memberikan perhatian khusus untuk kebudayaan pacu jalur Kabupaten Kuansing. Untuk itu ia berharap ke depannya pacu jalur ini bisa lebih baik dan lebih mampu mendatangkan peningkatan terhadap ekonomi kreatif nantinya.

Dalam kesempatan ini, Sekdaprov Riau SF Hariyanto yang mewakili Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan Festival Pacu Jalur Telukkuantan senilai Rp 250 juta.

“Pak Gubernur Riau H. Syamsuar sebetulnya sangat menginginkan untuk hadir dalam kegiatan ini, akan tetapi beliau juga harus mengikuti kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan bersama Kemenparekraf RI di Jakarta. Untuk itu beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidak bisa hadirannya di tengah-tengah masyarakat Kuantan Singingi,” ucapnya.

Pacu jalur ini, kata Hariyanto, adalah kebanggan seluruh masyarakat Provinsi Riau khususnya Kabupaten Kuansing. Untuk itu, ia berharap agar pacu jalur ini mampu terus mengangkat nama daerah dan menjadi pilot projek kebudayaan di Riau.

“Melalui kebudayaan pacu jalur ini, diharapkan mampu lebih meningkatkan lagi usaha ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Riau terutama Kabupaten Kuantan Singingi, dan terus menjadi lebih baik lagi nantinya,” katanya.

BACA JUGA :
Prof Dr Sri Edi Swasono Menyerahkan SK Cabang Kodi Bangedo

Bupati Suhardiman Amby dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pacu jalur yang sebelumnya pada tahun lalu masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN), tahun 2023 ini kembali berhasil masuk.

“Alhamdulillah setelah tahun lalu masuk dalam Kharisma Event Nasional atau KEN, dan saat ini kembali masuk ke dalam Kharisma Event Nasional tahun 2023,” ungkapnya seraya diikuti gemuruh tepukan tangan.

Untuk itu, Bupati Suhardiman berharap, agar pelaksanaan pacu jalur ini terus mendapatkan dukungan dari semua pihak ke depannya, baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun dari pihak perusahaan.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga terlaksananya kegiatan kita ini. Baik itu dari pemerintah melalui instansi terkait maupun pihak perusahaan yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pacu jalur,” ucapnya.(Suhendi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.