Berita

Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Kegiatan Sekolah Lapangan Tematik Pertanian Organik

×

Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Kegiatan Sekolah Lapangan Tematik Pertanian Organik

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Padangsidimpuan
Kegiatan Sekolah Lapangan Tematik Pertanian Organik dihadiri Wali Kota Irsan Efendi Nasution, SH, MM, di Saba Rimba, Kelurahan Sabungan Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Selasa, 29/08/2023 (Foto : Dok Prokopim Padangsidimpuan)

Padangsidimpuan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian mendukung penuh pengembangan pertanian organik yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan menghasilkan produk pangan yang sehat dan ramah lingkungan kepada sejumlah petani.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan Sekolah Lapangan Tematik Pertanian Organik “Genta Organik” yang berlangsung di saba rimba Kelurahan Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Selasa (29/8/23).

Example 300x600

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada sambutannya menyampaikan, dengan adanya program GENTA ORGANIK harus betul-betul dimanfaatkan dalam pengembalian tata kelola lahan pertanian pro organik.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Padangsidimpuan Pimpin Rakorbang Keempat Tahun Anggaran 2023

“Juga diharapkan hasil panen secara maksimal. Dengan adanya SL Genta Organik dapat meningkatkan kapasitas dan motivasi petani untuk bertani tanpa bahan kimia sehingga mengurangi penggunaan pupuk kimia. Penerapan pupuk organik yang berimbang, dan untuk kedepannya kegiatan ini harus bisa berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya salah satu solusi yang bisa diberikan yaitu menumbuhkan kesadaran bersama untuk mengembalikan lahan tanaman yang sesuai aturan.

“Petani juga harus sadar dengan langkanya pupuk dan harga semakin mahal,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pemko Padangsidimpuan Serahkan Sertifikat Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Wako Irsan juga meminta kepada seluruh penyuluh pertanian agar mengajarkan kepada para petani dalam hal pengembangan sistem tata cara pembuatan pupuk organik hayati, pupuk pestisida alami, dan pupuk pembedah tanah.

“Sehingga petani dapat mendapatkan keuntungan dari hasil panen, serta budidaya yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Usai kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Padangsidimpuan Edi Darwan Harahap pada laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh petani dan sejumlah kelompok tani se-Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru.

BACA JUGA :  Lantik Kepengurusan, Ketua KADIN Jember Ingin Bantu Pemasaran UMKM Lintas Negara

“Sumber daya alam di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru yang luas menjadi salah satu faktor pendukung pertanian organik. Padi organik dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani, dan petani tidak khawatir dengan kelangkaan pupuk kimia,” ungkapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Ketapang , Kabag Perekonomian, Kabag Protokol & Komunikasi Pimpinan Setda Kota Padangsidimpuan. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.