Kesehatan

PMI Jember Kunjungi RSD Balung Bahas Kerjasama BDRS

×

PMI Jember Kunjungi RSD Balung Bahas Kerjasama BDRS

Sebarkan artikel ini
Direktur RSD Balung
PMI Kabupaten Jember saat kunjungan ke RSD Balung, Rabu 31/1/2024. (Foto: Badri/Lensa Nusantara)

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – PMI Kabupaten Jember berkunjung ke Rumah Sakit Daerah Balung guna membahas perjanjian kerjasama Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) yang ada di Rumah Sakit Daerah Balung, Rabu (31/1/2024).

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Gladiol RSD Balung ini, dihadiri langsung oleh jajaran pengurus PMI Kabupaten Jember dan diterima oleh Kepala Bidang Penunjang RSD Balung, drg. Heruddin beserta jajaran.

Direktur RSD Balung dr. Nurullah Hidajahningtyas menyampaikan, Bank Darah Rumah Sakit merupakan suatu unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas tersedianya darah transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.

BACA JUGA :
Satlantas Polres Jember Gelar Operasi Patuh Semeru 2023 Selama 14 Hari

“Transfusi darah adalah pemindahan darah dari donor ke dalam peredaran darah penerima (Recipient). Transfusi darah merupakan salah satu bagian penting pelayanan kesehatan modern. Indikasi tepat transfusi darah dan komponen darah adalah untuk mengatasi kondisi yang bermakna yang tidak dapat diatasi dengan cara lain,” jelasnya.

Sebelumnya RSD Balung telah memiliki layanan Bank Darah Rumah Sakit yang telah beroperasi sejak tahun 2021. Tujuan hadirnya PMI ke RSD Balung adalah untuk mengembangkan layanan yang sudah ada.

BACA JUGA :
Driver Ojek Online Demo Pemkab Jember, Tuntut Sesuaikan Tarif

“BDRS diharapkan disesuaikan dengan standart PMI dan tidak hanya mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember Selatan, tetapi juga dapat membantu PMI Cabang Jember apabila terjadi kekosongan,” ujarnya.

Masih kata dr. Nurullah, pengelolaan BDRS diatur dalam Permenkes nomor 91 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah terkait pengelolaan BDRS.

Direktur Rumah Sakit Daerah Balung berharap, kerjasama dengan PMI agar dapat disegerakan terkait dengan percepatan pelayanan penyediaan komponen darah.

“Pada saat kunjungan, PMI Kabupaten Jember juga melaksanakan assesment lapangan langsung ke Unit Bank Darah Rumah Sakit Daerah Balung,” jelasnya.

BACA JUGA :
Pelaku Pembobol Dua Toko di Curahtakir Jember Diacam Hukuman 5 Tahun Penjara

Proses penyediaan komponen darah di Rumah Sakit Daerah Balung akan dilakukan secara bertahap, untuk hasil assesment PMI dilapangan akan di feedback ke Rumah Sakit Daerah Balung setelah semua tim PMI mengumpulkan hasil assesment.

“Kerjasama PMI dengan Rumah Sakit Daerah Balung akan segera diproses, yang menyiapkan darah adalah PMI dan yang meminta, menerima, menyimpan sampai transfusi kepada pasien adalah Rumah Sakit Daerah Balung,” pungkasnya. (Dri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.