Daerah

Hari Jadi ke-298 Kabupaten Grobogan Gelar Parade Kirab Boyong Grobog

×

Hari Jadi ke-298 Kabupaten Grobogan Gelar Parade Kirab Boyong Grobog

Sebarkan artikel ini
Grobogan
Para Rombongan Kirab Boyong Grobog Memperingati Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke-298 Pada Minggu, 03/03/24. ( Foto : Vamberrino/Lensa Nusantara )

Grobogan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ratusan hingga ribuan warga kabupaten Grobogan dengan antusiasme tinggi menyaksikan dan ikut memeriahkan parade kirab boyong grobog yang bertemakan ” Persatuan Dalam Keberagaman ” pada hari ini, Minggu(03/03/24).

Example 300x600

Prosesi parade kirab ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan hari jadi kabupaten Grobogan ke-298 di tahun ini yang jatuh pada tanggal 04 Maret setiap tahunnya. Kirab boyong grobog merupakan simbolisasi atau gambaran ketika terjadinya perpindahan pusat pemerintahan dari kelurahan Grobogan menuju kelurahan Purwodadi hingga saat ini.

Pelaksanaan parade kirab dimulai sekitar pukul 09.00 WIB pagi dari halaman kantor kelurahan Grobogan menuju alun-alun kabupaten Grobogan di kelurahan Purwodadi. Bupati Grobogan, Sri Sumarni memimpin langsung pelaksanaan jalannya acara parade kirab boyong grobog didampingi oleh Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto dan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan serta diiringi oleh para pejabat baik di tingkat eksekutif maupun legislatif.

BACA JUGA :  413 Petugas PTPS di Kecamatan Purwodadi Grobogan Resmi Dilantik

Adapun jarak jalur perjalanan yang ditempuh oleh para rombongan kirab boyong grobog dari kelurahan Grobogan menuju alun-alun kabupaten Gobogan di kelurahan Purwodadi sekitar 6 km, dengan membawa grobog kuno dari bahan kayu jati berukuran 1 x 1 meter dan dikawal oleh kereta kuda. Grobog kuno inilah yang dulu dipakai untuk menyimpan dokumen-dokumen pemerintahan saat diboyong ke kelurahan Purwodadi dari kelurahan Grobogan.

BACA JUGA :  Perayaan Isra Miraj 2024 FKMSB Pamekasan Korkam IAIN Madura, Tonggak Pengabdian Menjangkau Masyarakat

Di sepanjang jalur perjalanan, warga masyarakat dengan semangat yang tinggi menyaksikan parade boyong grobog karena para rombongan kirab juga membawa gunungan hasil bumi yang akan diperebutkan oleh masyarakat sekitar ketika prosesi acara telah usai.

Selain untuk menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat di kabupaten Grobogan juga percaya bahwa gunungan hasil bumi yang telah didoakan dan dikirab akan membawa berkah tersendiri dan hal itu sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dahulu.

Selain proses parade kirab boyong grobog, pemerintah kabupaten Grobogan pada hari ini juga mengadakan Gerakan Pangan Murah demi membantu masyarakat atas naiknya harga sembako yang akhir-akhir ini melonjak dengan tajam.

BACA JUGA :  TNI-Polri Pantau Pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi di MAN 1 dan SMKN 3 Pamekasan

Lalu pada malam harinya, akan diselenggarakan malam tirakatan di pendopo kabupaten Grobogan. Dan pada esok hari yaitu Senin 04 Maret 2024, dilakukan upacara hari jadi kabupaten Grobogan ke-298 di alun-alun Purwodadi. Kegiatan-kegiatan ini merupakan bentuk rangkaian acara untuk memperingati hari jadi kabupaten Grobogan di tahun 2024 dan akan terus digelarkan kegiatan lain seperti parade seni dan budaya pada 06 Maret, Grobogan berdzikir di tanggal 10 Maret, dan kegiatan acara lainnya. ( Vamberrino )

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.