Membanggakan, GAPOKTAN “Harapan Kita” Desa Suger Lor Bondowoso Melaksanakan Uji Coba Penanaman Padi Varietas M70D

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Bondowoso – Perlu di Apresasi yang dilakukan oleh GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) “Harapan Kita” Desa Suger Lor, yang telah melaksanakan DEMPLOT (Demontration Plot) Padi Genjah M70D, Kegiatan dilaksananakan di Lahan satu Hektar di Dusun Krajan Bawah RT:16/RW:02 Desa Suger Lor, Kec. Maesan, Kab. Bondowoso. Rabu, 1/4/2020.

Bibit unggul M70D merupakan bibit yang dikenalkan oleh Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jendral TNI (purn) Moeldoko, yang membangkan dan perlu diapresasi iyalah, bibit terbaik ini baru pertama kali ditanam di tanam di Bondowoso.

Kelebihan Bibit Unggul M70D ialah usia hanya 70 Hari, mulai dari penanaman hingga panen, sehingga petani dalam waktu Setahun bisa panen hingga 3-4 kali, Selain itu jumlah hasil gabahnya lebih banyak dari pada padi pada umunya, dalam 1 Hektar bisa mencapai 9,5 Ton gabah.

BACA JUGA :  Teken MoU, Ilham Azikin Komitmen Kurangi Konflik Lahan di Bantaeng

Kades Suger Lor Khusnadi yang juga menjadi Inspirator GAPOKTAN “Harapan Kita” menjelaskan kepada Lensa Nusantara bahwa pihaknya memiliki harapan agar uji coba penanaman padi M70D ini, bisa meningkatkan Swasembada Pangan untuk Kab. Bondowoso khususnya Desa Suger Lor, Karena Bibit M70D merupakan Varietas Baru, dan Pertama kali di tanam di Bondowoso.

BACA JUGA :  Pemkab Situbondo Sosialisasi Tingkatkan Produk Dalam Negeri yang Akan Jadi Raja

“Kami melaksanakan uji coba penanaman Varietas terbaru yaitu M70D ini, yang bertujuan untuk meningkatkan Swasembada pangan di Desa Suger Lor dan juga ingin meningkatkan perekonomian Masyarakat, selain itu perlu diketahui penanamannya lebih singkat hanya membutuhkan maksimal 70 Hari apabila Padi pada umumnya hingga usia 105 Hari baru bisa dipanen”, Ungkapnya.

“Dari lebih cepatnya usia panem sehingga hal ini untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian Masyarakat, Karena sebagaian besar masyarakat Suger Lor sebagai petani padi maka dari itu Kami memprotitaskan melaksanakan uji coba penanaman padi Varitas terbaru melalui GAPOKTAN “Harapan Kita”, Tambah Kades Suger Los Khusnadi.

BACA JUGA :  Diduga Tiga Stone Crusher di Pulau Gadang, Hanya Satu yang Ada Rekomendasi Desa

Pelaksanaan juga dihadiri oleh Camat Maesan Drs. Ahmad Sayadi MM., Danramil 0822/07 Maesan Kapten Inf Sugianto, Koordinator BPP Congkrong Samsaimun, Kades Suger Lor Kusnadi, Babinsa Suger Lor Sertu Rizal, Mantri Tani Kec. Maesan Susilo, PPL Suger Lor Susilo Beserta 12 Anggota PPL Kec. Maesan, Ketua Pok Tani Al furqon 2 dan GAPOKTAN Harapan Kita H.sutrisno, hingga selesai acara berjalan dengan lancar.

  • Reporter : Arik Kurniawan
  • Publikasi : M.Dhofir
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan