Mohammad Hairul Raih Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Bondowoso Tahun 2020

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Bondowoso – Mohammad Hairul, S.Pd, M.Pd (36) Guru bahasa Indonesia SMPN 1 Bondowoso terpilih menjadi juara 1 kategori guru berprestasi jenjang SMP tingkat kabupaten Bondowoso  2020. Acara diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso. Lima finalis untuk masing-masing kategori diundang untuk sesi presentasi dan wawancara pada Senin-Selasa, 11-12 Mei 2020. Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso.

Hairul mempresentasikan karya tulis ilmiah berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi dengan Metode Putu Anatu Menggunakan Media Papan Putar Kata Kunci. Karya tersebut adalah laporan hasil penelitian yang  dilakukan di SMPN 1 Bondowoso pada Februari 2020. Bertindak selaku juri pada lomba Guru Berprestasi, Ibu Anik Sudiartini, Bapak Sugeng Budiono, dan Bapak Sujito.

“Ada 3 penilaian yang dilakukan yakni tes tertulis, penilaian portofolio, dan presentasi karya tulis ilmiah” ungkapnya. Menurut Hairul, persiapan paling lama yang dilakukan adalah mengumpulkan portofolio, baik berupa sertifikat pengembangan diri, kumpulan karya tulis berupa PTK, artikel, buku, dan bukti sertifikat prestasi lain, serta  keaktifan di sekolah maupun di luar sekolah.

BACA JUGA :  Akibat Jalan Rusak Parah, Truk Fuso Bermuatan Ampas Singkong dan Coelt Diesel Pengangkut Pakan Ayam Terperosok

Kedepannya Hairul menyampaikan akan terus berusaha untuk bisa mempersembahkan yang terbaik bagi Bondowoso di tingkat propinsi. “Mudah-mudahan tidak mengecewakan dan bisa kembali jura di tingkat propinsi dan nasional”, ungkap hairul yang juga merupakan ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI)  kabupaten  Bondowoso.

BACA JUGA :  Eko Febrianto Berharap Kepada Para Aktivis Dan Jurnalis Untuk Tidak Terpengaruh Adu Domba oknum Tak Bertanggung Jawab

Untuk jangka panjang, Hairul  ingin apa yang ia peroleh saat ini bisa berimplikasi baik terhadap dunia pendidikan, khususnya di SMPN 1 Bondowoso. “Harapan saya semoga ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi siswa-siswi bahwa untuk berprestasi tidak harus menunggu usia matang. Saya juga ingin menjadi role model bagi mereka” imbuhnya.

BACA JUGA :  Indonesia Bakal Hadapi Perhelatan dan Isu Nasional, Ini Kata Wakapolri
  • Reporter : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Dofir/Jasuli
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan