Berita

Kadis Kominfo Butur Terkait Kewenangan Pemda Soal Pembangunan Jaringan di Buton Utara

×

Kadis Kominfo Butur Terkait Kewenangan Pemda Soal Pembangunan Jaringan di Buton Utara

Sebarkan artikel ini

Lensanusantara.net, Buton utara – Memasuki usia empat belas tahun kab.Buton utara sebagai daerah otonomi baru,masih banyak wilayah desa/kelurahan yang belum di jangkau oleh jaringan telekomunikasi.

Example 300x600

Menanggapi hal tersebut,Kadim SE.kepala dinas komunikasi dan informasi,Kab.Buton utara menjelaskan,pihaknya suda melakukan langkah-lankah dalam menangani permasalahan tersebut,akan tetapi yang menjadi permasalahan ialah menyangkut kewenangan pemda dalam membangun jaringan.

Kadim menjelaskan,membangun jaringan (BTS) di wilawah butur saat ini bukan lagi menjadi kewenangan pemerintah daerah atau dinas kominfo,sebab saat ini kab.buton utara suda bukan merupakan daerah tertinggal,terdepan dan terluar,(Daerah3T) sejak beberapa tauhun lalu atau tepatnya di periode pemerintahan sebelumnya.

Walau demikian,lanjut kadim pihaknya suda beberapa kali melakukan pengusulan kepada pihak penyedia jaringan(Telkomsel) dan juga kementrian kominfo RI,dan saat ini masih menunggu jawaban atas usulan-usulan-usulan tersebut.

Masalah kewenangan,kita suda bukan merupakan kategori daerah 3T,sehingga kita tidak punya kewenangan untuk bangun BTSnya.tapi kami(Pemda/Dinas Kominfo)suda beberapa kali mengusul langsung ke pihak telkomsel dann Kementrian berwenang,saat ini kita masih menunggu tanggapan mereka..jelas kadim.

Lebih lanjut kadim menambahkan,saat ini pemerintah daerah(Dinas Kominfo) hanya bisah menyediakan dan membangun repairter atau penguatn sinyal di beberapa desa/kelurahan,sambil menunggu tanggapan pihak penyedia jasa jaringan untuk di bangunkan BTS.

Tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Buton Utara akan segera membangun penguat jaringan di wilaya Kelurahan Kambowa, Kecamatan Kambowa dan wilayah Labuan, Kecamtan Wakorumba.sementara itu di lanosangia,kec.kulisusu utara akan di uapayakan di anggaran perubahan tahun ini.

“APBD tahun 2020 kita sudah anggarkan untuk pembangunan penguat signal di Kambowa dan Labuan, karena itu sangat penting sehingga waktu Covid kemarin anggarannya kita tidak ganggu,dalam waktu dekat ini proses pengerjaan penguat jaringan tersebut akan segera tayang dan segera mungkin di kerjakan”. pungkasnya. (Dirwanto).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan