Lensa Nusantara
Featured Polri

Polres Probolinggo Kembali Meningkatkan Intensitas Operasi Yustisi

Probolinggo – LENSANUSANTARA.CO.ID – Polres Probolinggo kembali meningkatkan intensitas operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes). Dalam razia kali ini, petugas juga menyebarkan pesan mematuhi prokes merupakan wujud toleransi dengan sesama.

Operasi Yustisi yang dipimpin langsung Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan digelar di simpang empat jalan raya Desa Sebaung, Kecamatan Gending. Petugas menghadang setiap pengendara yang melintas yang kedapatan tanpa memakai masker. Setiap pelanggar prokes tersebut diberi masker gratis dan dicatat identitasnya oleh petugas operasi yustisi.

Selanjutnya mereka menjalani sanksi karena melanggar Perda Jatim nomor 02 tahun 2020 dan Perbup Probolinggo nomor 62 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman Ketertiban Umum dan Pelindungan Masyarakat. Sanksi bagi pelanggar prokes tersebut berupa teguran lisan, push up, sikap hormat bendera bahkan ada yang mengucapkan Pancasila.

“Salah satu ciri persatuan dan kesatuan Indonesia adalah toleransi. Memakai masker adalah salah satu wujud toleransi kita dalam menjaga kesehatan masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan kepada wartawan di lokasi operasi yustisi, Rabu (20/01/2020).

Sekitar satu jam operasi yustisi, petugas hanya menemukan 25 pelanggar. Mayoritas pengguna jalan yang melintas di simpang empat jalan raya Desa Sebaung tersebut sudah memakai masker. Baik pengendara sepeda motor maupun mobil.

“Operasi yustisi ini tetap kami laksanakan agar masyarakat mematuhi prokes. Sesuai Perda Jatim dan Perbup Probolinggo, akan kami berikan sanksi kepada masyarakat yang tidak memakai masker,” terang Ferdy.

Polisi juga memberi edukasi kepada para pengendara terkait pentingnya mematuhi prokes. Mulai dari disiplin memakai masker, menjaga jarak satu sama lain, hingga rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

“Karena disiplin adalah vaksin paling ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pungkas Ferdy.

Sumber data dari Satgas PP Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Wilayah Kabupaten Probolinggo masih menjadi zona oranye penyebaran COVID-19. Sampai hari ini, 2.578 orang di Kabupaten Probolinggo terinfeksi virus Corona. Terdiri dari 2.213 pasien sembuh, 130 pasien meninggal dunia, 235 pasien dalam perawatan.

Related posts

Di Depok, Wakapolri Sampaikan Soal Virus Corona

Redaksi

PANDAWA Kanal Terbaru dari BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Dimasa Covid-19

Lensa Nusantara

Pemkab Indragiri Hulu Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Lensa Nusantara