Lensa Nusantara
Berita Daerah

Pemuda Katolik Ketapang Pilih Ketua Baru

Ketapang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ketua Komisariat Daerah Pemuda Katolik Kalimantan Barat , Maskendari , SP, MSi. secara via zoom online, membuka secara resmi Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik Ketapang di Gedung sillikent Komplek Katedral ST.Gemma Ketapang , Minggu (10/10/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut undangan Penasehat Awam, jajaran pengurus demisioner komisariat Cabang Pemuda Katolik Ketapang.
Serta Pastor Andreas Budi setyo Sambodho, Pr.
Peserta dibatasi terdiri dari Pengurus Komda dan Komcat, dan awak media.

Dalam sambutannya, Ketua Komda Pemuda Katolik Kalimantan Barat, Maskendari, SP, MSI.

mengapresiasi keberadaan dan kegiatan yang telah dilakukan Pemuda Katolik Komcab Ketapang selama ini. Menurutnya, Pemuda Katolik merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang memiliki sejarah panjang dari jaman kemerdekaan hingga saat ini.

BACA JUGA :  Danramil Tamanan Pimpin Pelaksanaan Rutilahu Desa Tamanan

“Pemuda Katolik memiliki sejarah yang panjang dari jaman kemerdekaan hingga saat ini. Banyak berbagai kegiatan yang telah dilakukan Pemuda Katolik dalam ikut membangun daerah khususnya pada pembinaan kepemudaan dan bidang keagamaan serta sosial di Kalbar, termasuk Kabupaten Ketapang Oleh karena itu patut di apresiasi keberadaannya”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Demisioner Komcab pemuda Katolik Ketapang, Budi Mateus, S.Pd, M.Si, berharap para kader Pemuda Katolik mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan organisasi kearah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan semua pihak .

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 1709-04/Yapbar bersama Pemuda Memperbaiki Rumah Warga Kampung Poom 1

Kegiatan Musyawarah Komisariat cabang sendiri merupakan agenda tiga tahun sekali dengan fokus acara pada evaluasi, rencana tindak lanjut dan pemilihan ketua, periode 2021-2024.

Muskomcab Ketapang telah digelar , berjalan lancar dengan terpilihnya kepengurusan baru periode 2021-2024.

“Secara aklamasi Dwi Za Bagastia, S.T, terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Ketapang,” ungkap Budi Mateus, S.Pd, M.Si.

Dan berharap agar pengurus baru ke depan dapat terus melakukan kaderisasi dan konsolidasi dengan membentuk pengurus anak cabang di semua paroki yang ada di Keuskupan Ketapang.

“Pengurus yang baru kita harap dapat menjalin kerjasama strategis dan mendukung program pembangunan pemerintah serta menjadi pemuda pelopor pembangunan,”

BACA JUGA :  Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II, Kapolda Riau Tekankan Hal Ini

Dikarenakan masih kondisi pandemi covid-19 dan segala agenda dapat terselenggarakan walaupun acara dipersingkat hanya 1 hari dengan menghadirkan peserta terbatas.

Sementara itu, Ketua terpilih Pemuda Katolik, Dwi Za Bagastia, ST, mengatakan akan memprioritaskan program konsolidasi organisasi. Membentuk kepengurusan anak cabang di setiap Paroki di wilayah Keuskupan, menjadi prioritas.
Dan struktur inti kepengurusan sudah disusun dan selanjutnya pihaknya akan menyusun bidang-bidang di kepengurusan.

“Selain menyusun kepengurusan, tentu tidak kalah penting kita akan membuat program-program baik berupa kaderisasi maupun program yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkap .Dwi Za Bagastia, ST. ( Adrianus).