Lensa Nusantara
Berita Ekonomi

Ir. Zahir: UMKM Batubara Pilar Ekonomi Atasi Krisis di Era Pandemi

Batubara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Secara teori peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi dapat dimunculkan dalam bentuk Bantuan dan pelatihan agar para pelaku usaha kecil itu dapat diberdayakan dalam menghidupkan roda perekonomian warga yang berdampak covid 19.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batu Bara belakangan ini terus gencar memulihkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang ditempuh Bupati Batu Bara yakni dengan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis di Rumah Dinas Bupati Batu Bara Kompleks Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka. Rabu (13/10/2021)

Turut hadir Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Inalum, Bapak Ismail Midi, Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Arif Hanafiah, S.STP, Ketua BKPRMI Batu Bara Mukhrizal Arif.

BACA JUGA :  Polres Sumenep Distribusikan Bansos dan Berikan Bendera Merah Putih Sebagai Simbol Semangat Nasionalisme

Para pelaku UMKM yang menerima bantuan ini sebelumnya sudah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah agar dapat menghasilkan produk yang bernilai saing dan ekonomis bagi masyarakat.

Bantuan yang diberikan Pemkab Batu Bara berupa 20 unit gerobak bakso, 20 unit gerobak kopi, 20 unit mesin espreso dan penggiling kopi, 90 unit tenda, 75 unit meja dan kursi.

PT. Inalum juga memberikan bantuan kepada Pemkab Batu Bara berupa 10 unit gerobak kuliner kayu, yang nantinya akan di bagikan kepada masyarakat pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Batu Bara.

BACA JUGA :  Warga Desa Klawi Kecewa, Lantaran Pembuatan Sertifikat Tanah Tahun 2016 Tak Kunjung Selesai

Pemkab Batu Bara juga memiliki program peningkatan ekonomi kecil berbasis masjid, melalui Lembaga Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batu Bara. Program ini akan diwujudkan dengan membentuk usaha minuman kopi di lingkungan masjid.

Ide ini bertujuan untuk menarik perhatian para remaja untuk lebih aktif datang ke Masjid. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan keagamaan, para remaja ini nantinya dapat bersantai minum kopi di wilayah masjid. Untuk mewujudkan program tersebut Dinas Koperasi dan UMKM memberikan 10 unit gerobak minuman kopi kepada Lembaga Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batu Bara.

BACA JUGA :  Roadshow Agung Santoso Seri VI, Pembentukan dan Konsolidasi MOI

“Bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM dan Kelompok Remaja Masjid di Kabupaten Batu Bara, hal ini dilakukan karena selama wabah Covid-19 kegiatan ekonomi masyarakat mengalami penurunan yang cukup drastis dan sangat mempengaruhi kepada laju pertumbuhan ekonomi” ucap Bupati Batu Bara

“Keberadaan UMKM memiliki peranan besar dalam pembangunan sebuah daerah, khususnya partisipasinya dalam perekonomian yaitu menjadi salah satu pilar penopang perekonomian bagi negara. Untuk itu Pemkab Batu Bara akan terus mendukung program-program yang bertujuan untuk memajukan UMKM yang ada di Kabupaten Batu Bara. (Irwansyah Nasution)