free stats

Kota Bitung Masuk Dalam 110 Kharisma Event Nasional 2022, Ini Harapan Maurits Mantiri

Bitung, LENSANUSANTARA.CO.ID – Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) masuk dalam 110 Kharisma Event Nasional (KEN) 2022 dari 319 usulan yang masuk dari 34 provinsi di Indonesia setelah menjalani kurasi tahap I dan tahap II.

Hal ini dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada situs resmi milik kemenparekraf.go.id, Selasa (1/3/2022).

Dimana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Selasa (1/3/2022).

KEN yang merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Sandiaga Uno menjelaskan KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

BACA JUGA :  Pemerintah Kabupaten Dairi Lakukan Evaluasi Perkembangan Covid-19 dan Berbagai Upaya Melakukan Pengendaliannya

“KEN ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh indonesia. kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan indonesia sebagai destinasi event,” jelasnya.

Ia pun membeberkan bahwa ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, yakni ide dan potensi inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni pertunjukan dan budaya; serta strategi komunikasi dan media.

“Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam ken 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa diluncurkannya KEN 2022, merupakan bukti nyata Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan industri parekraf di Indonesia sekaligus mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan event yang beragam. mulai dari event seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik ada dalam agenda kegiatan KEN 2022.

BACA JUGA :  BPK Apresiasi Pemkab Bantaeng yang Serahkan LK (Unaudited) Secara Tepat Waktu

“Kami berharap bahwa event-event yang masuk kedalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan cleanliness, health, safety and environment sustainability (chse) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan satgas COVID-19 dan aparat setempat,” pungkas Sandiaga.

Hal ini pun didukung penuh Presiden RI Joko Widodo dalam video sambutannya mengatakan Kharisma Event Nusantara 2022 yang merangkum event-event 34 provinsi di Indonesia, mulai dari event budaya, olahraga, hingga ekonomi kreatif ini, harus mampu mengangkat citra pariwisata indonesia, dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif indonesia.

“Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nusantara 2022. Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia,” singkat Jokowi.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, 15-28 Januari Kota Mojokerto Terapkan PPKM

Menanggapi masuknya FPSL dalam KEN 2022, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menyatakan Pemerintah Kota Bitung sangat menyambut baik dan bersyukur masuk FPSL dalam KEN 2022.

“Semoga dengan masuknya FPSL dalam KEN 2022, pemerintah kota Bitung bisa mempromosikan spot-spot pariwisata yang ada di kota Bitung dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun internasional di kota yang kita cintai ini,” ucapnya.

Maurits berharap dengan adanya kegiatan FPSL ini, produk-produk lokal dari UMKM semakin dikenal di masyarakat luas. “Harapannya produk-produk UMKM yang ada di Bitung semakin dikenal oleh masyarakat luas dengan adanya FPSL,” tutupya. (Cax)