free stats

Curah Hujan Tinggi Guyur Desa Jambewangi Akibatkan Banjir Hingga ke Permukiman Warga

Banyuwangi, LENSANUSATARA.CO.ID – kondisi hujan deras yang mengguyur sebagian kawasan di Banyuwangi akibatkan luapan air dari sejumblah sarana. Seperti halnya yang terjadi di desa Jambewangi, kecamatan Sempu, kabupaten Banyuwangi.
Luapan air yang berasal dari salah satu jaringan irigasi di dusun krajan RT 4 RW 3 tersebut meluap hingga ke jalan serta masuk ke halaman rumah warga. Sabtu ( 26/3/2022)

Sementara pihak Krosda genteng Muhfad saat di konfirmasi awak media melalui sambungan telfon WhatsApp membenarkan atas adanya kejadian yang terjadi di dusun Krajan.

” Benar mas, tadi pihak kami sudah berada di lokasi, guna membantu warga yang berusaha untuk melakukan tindakan agar air dari jaringan irigasi tersebut segera teratasi.” Ujar muhfad

Lebih Lanjut, muhfad menjelaskan bahwa itu terjadi karna ada kerusakan pada bagian panel pemutar yang tidak berfungsi.

” Dari apa yang di sampaikan petugas di lokasi, memang ada panel pemutar pengatur air yang rusak,dan itu pun sudah saya sampaikan ke pihak dinas, yang rencananya akan segera di perbaiki dalam waktu dekat ini. Terlepas dari itu memang intensitas hujan tinggi beberapa jam lalu terjadi,” paparnya

Sementara kepala desa jambewangi Maskur S.Ag mengatakan bahwa adanya kerusakan tersebut di benarkan oleh pihak juru pengairan.

“ada kerusakan baut yang sudah diajukan perbaikan namun belum ada tindak lanjut, sehingga dalam kondisi banjir berguna untuk membagi air tersebut tidak bisa difungsikan Karna baut dol,” Kata Kades

Kades Berharap Ada kordinasi yg lebih baik lagi dari pihak HIPPA dan Dinas Pengairan serta Pemerintah Desa.

“Kordinasi dari pihak Krosda dan hippa kepada pihak pemdes agar lebih di tingkatkan terutama dalam rangka pengaturan debit air sungai sebagai langkah antisipasi ketika curah hujan tinggi seperti saat ini, sehingga tidak tejadi lagi luapan air yang berakibat banjir. Melihat wilayah jambewangi merupakan kawasan yang sebagian berdampingan dengan hutan.” Jelas Kepala desa jambewangi (Her)