Berita

Bupati Edy Gelar Open House untuk Masyarakat Dairi

×

Bupati Edy Gelar Open House untuk Masyarakat Dairi

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Dairi
Bupati Dairi DR. Edy K. Berutu bersama Ibu PKK Romy Mariani Simarmata foto bersama seluruh pimpinan OPD Dairi saat acara open house di halaman rumah dinas bupati. Jumat (13/01/2023) **

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Dairi mengadakan syukuran (open house) dihalaman rumah dinas Bupati Dairi yang dihadiri ratusan bahkan diperkirakan hampir seribuan orang masyarakat Dairi, Jumat, (13/1/2023).

Kegiatan open house ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pastor Paroki Maria Pertolongan orang Kristen Sidikalang R.P. Alfonsus A. manik, O,Carm.

Example 300x600

Usai ibadah setelah makan siang ketika acara dihentikan sementara saat ibadah sholat Jumat berlangsung, Sekda Dairi Budianta Pinem mengatakan open house yang dilaksanakan ini sebagai ucapan syukur atas berkat yang diterima sepanjang tahun 2022.

“Kita bersyukur telah melalui tahun 2022 dengan baik dan semoga di tahun 2023 ini juga akan kita lalui dengan lebih baik lagi untuk mewujudkan Dairi unggul,” ujar Sekda.

Yang selanjutnya disambung dengan kata sambutan dari tokoh masyarakat oleh Hj. Raja Ardin Ujung dan Forkopimda oleh Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bupati Dairi DR Edy K. Berutu.

“Saya selaku Bupati Dairi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi mengucapkan selamat datang kepada seluruh nya yang hadir dalam open house hari. Saya juga mengucapkan selamat Tahun Baru 2023 untuk kita semua.” ucap Bupati Dairi DR. Edy K. Berutu menyapa seluruh undangan yang hadir dalam sambutannya.

Edy Berutu kemudian memaparkan program prioritas kerja yang telah dicapai oleh Pemkab Dairi di tahun 2022. Seperti di sektor Pertanian Pemkab Dairi dalam rangka mewujudkan akselerasi kejayaan kopi Sidikalang bersama koperasi binaannya telah melakukan perluasan penanaman kopi sebanyak 1.800.000 batang dengan jumlah petani hampir 3000 orang.
Menyalurkan akad KUR klaster kopi dan jagung, Pemkab Dairi bekerja sama dengan pihak Bank memfasilitasi para petani KUR klaster dengan bunga 6%. Menyalurkan alat dan mesin pertanian kemudian juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat membangun kawasan pertanian terpadu di Desa Parbuluan V dengan spesifikasi Holtikultura dan Desa Lau Mil dengan spesifikasi tanaman jagung dan sorgum.

Hal ini merupakan salah satu Visi Dairi Unggul dengan mewujudkan pertanian Agri unggul, yaitu dengan mengembangkan pengelolaan pertanian yang cerdas dan berbasis teknologi. Termasuk juga di bidang kesehatan dengan adanya Fasilitas Hemodialisa dan cuci darah di RSUD Sidikalang, kemudian aplikasi SIMRS yang merupakan program digitalisasi (online) untuk pendaftaran secara mandiri bagi masyarakat Dairi saat akan berobat ke RSUD Sidikalang.

Termasuk juga capaian capaian lain dibidang pembangunan infrastruktur, perdagangan, layanan perpustakaan, pariwisata, dan layanan Kependudukan dan Catpil melalui pelayanan jemput bola ke desa desa se kabupaten Dairi, pelayanan Adminduk secara daring, pelayanan cetak akta kelahiran sehabis persalinan di RSUD Sidikalang dan Puskesmas se Kabupaten Dairi dan pelayanan Akta perkawinan langsung ke rumah ibadah, berikut juga berbagai penghargaan yang didapat selama tahun 2023.

“Seluruh pencapaian ini tentunya menjadi sukacita kita bersama dan merupakan wujud nyata untuk mewujudkan Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman yang menjadi visi Pemerintah Kabupaten Dairi,” kata Edy Berutu sebelum memaparkan target program dan pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2023, yakni :

  1. Lanjutan pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu, peningkatan kompetensi Penyuluh Pertanian sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024 yakni;
  2. Perluasan area tanam baru komoditi jagung dan padi.
  3. Pembangunan Jaringan Irigasi Usaha Tani di 6 lokasi.
    4.Pembangunan Jalan Usaha Tani di 11 lokasi.
  4. Pemberian Alsintan untuk Kelompok Tani, pemberian bantuan untuk Kelompok Tani meliputi benih padi sawah, padi Gogo, jagung, cabai merah, bawang merah, kentang beserta pupuk organik, pupuk KCL dan pupuk TSP
  5. Pembangunan dan pemeliharaan bangunan 800 unit
  6. Penataan kompleks bangunan 300 unit
  7. Pemasangan baru Penerangan Jalan Umum 5000 unit.

“Dengan penuh ketulusan kembali saya mengharapkan partisipasi dari seluruh rekan jajaran pemerintahan serta dukungan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi dalam mensukseskan agenda dan program pemerintah dalam pembangunan yang sementara dan akan kami kerjakan. Sebab, program ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan semua pihak, tanpa adanya komitmen dan kemauan yang kuat dari kita semua,” pinta Edy Berutu dengan nada pasti dan kuat kepada semua pihak agar visi misi mewujudkan Dairi Unggul bisa tercapai.

Dengan harapan dipercaya kembali dan diberi amanah untuk periode berikutnya yang mana diperiode pertama saat ini 2019-2024 laju pertumbuhan melambat akibat terganggu oleh Pandemi covid-19. Dan jelas diketahui baik ditingkat pemerintahan mana pun 1 periode tidak akan mampu mewujudkan pembangunan 100% sesuai visi misi, terlebih laju pembangunan disaat Pemerintahan Edy Berutu terganggu oleh Pandemi covid-19 selama 2 tahun berturut turut.

Acara open house berlangsung dengan meriah diwarnai suasana keakraban dan kekeluargaan sekaligus dirangkai dengan hari ulang tahun Bupati Dairi DR Edy K. Berutu ke-63. Edy Berutu mendapat 5 kue ulang tahun yang diberikan oleh ormas OKP, organisasi Guru, IIPG dan kue ulang tahun dari Pemkab Dairi.

Setelah mendapat ucapan selamat Bupati Dairi kemudian meniup lilin dilanjutkan dengan memotong kue. Kue yang dipotong kemudian dibagi bagi dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh pimpinan OPD, Forkopimda, Ketua/pengurus Ormas yang hadir, Camat dan Kepala Desa.

Acara open house berlangsung sehari penuh sejak pukul 9 pagi hingga 22.00 wib. Setelah acara resmi dilanjutkan dengan acara hiburan dengan mengundang penyanyi Batak Jun Munte dan beberapa artis lokal dibarengi dengan acara door prize berhadiah menarik seperti tv layar datar 43″, mesin cuci, kompor gas dan hadiah lainnya. Sekaligus juga disediakan makan malam ditambah mendatangkan pedagang UMKM yang menyediakan bakso dan sate gratis.

Hadir selain masyarakat dalam acara open house hampir seluruh pemangku kepentingan masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi seperti Sekda Dairi Budianta Pinem beserta seluruh jajarannya pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Deny Boy P, SH, MH, wakil ketua DPRD Halvensius Tondang, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Monita Honeisti Sitorus, SH, MH, Ketua/pengurus beberapa ormas OKP dan Tokoh Tokoh masyarakat.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.