Pemerintahan

Kepala Desa Bawang Jadi Nominee Paralegal Justice Award 2023, Pj Bupati Banjarnegara Ajak Masyarakat Mendukungnya dengan Cara Vote

×

Kepala Desa Bawang Jadi Nominee Paralegal Justice Award 2023, Pj Bupati Banjarnegara Ajak Masyarakat Mendukungnya dengan Cara Vote

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Bawang
Galih Purwandaru, Kepala Desa Bawang, Banjarnegara, Minggu (28/5/2023). (Foto : Kominfo/Gunawan/Lensa Nusantara)

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Galih Purwandaru, Kepala Desa (Kades) Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, berhasil lolos seleksi Audisi Paralegal Justice Award tahun 2023. Paralegal Academy adalah sebuah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam penyelesaian sengketa dan advokasi.

Saat dihubungi lewat sambungan seluller, Kades Galih mengatakan, dalam seleksi administrasi dan audisi, dari 765 peserta yang mendaftar, hanya 565 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Hingga akhirnya hanya 300 peserta yang dinyatakan berhasil melewati tahap seleksi audisi ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

Example 300x600

“Alhamdulillah, saya menjadi salah satu peserta yang lulus seleksi audisi bersama 206 kepala desa dan 93 lurah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah nominee tersebut akan dipilih 10 kandidat kades/ lurah favorit publik pada malam puncak Paralegal Justice Award,” kata Galih, Minggu (28/5/2023).

BACA JUGA :  Pilkades Serentak 2024 di Banjarnegara, 14 Calon Kades di Kecamatan Mandiraja Akan Berebut Tahta Kepemimpinan

Ditempat terpisah, Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, S.H, sangat mengapresiasi setinggi – tingginya, atas pencapaian salah satu kades terbaik di Banjarnegara itu.

“Selamat kepada Kades Bawang atas pencapaiannya. Tentunya saya ingin mengajak seluruh masyarakat Banjarnegara untuk mendukung Saudara Galih Purwandaru dengan cara memberikan like dan vote pada lomba tersebut,” ajak Tri Harso.

Pada penilaian dengan cara Vote akan dimulai tanggal 26 Mei 2023 sampai dengan 1 Juni 2023, melalui laman situs https://pja.bphn.go.id/kandidat.

Sedangkan pengumuman sepuluh kades/ lurah yang nantinya menang dalam kategori “favorit publik”, akan dilakukan bersamaan dengan penganugerahan Non Litigation Peacemaker dan Anubhawa Sasana Desa pada malam puncak Paralegal Justice Award, tanggal 1 Juni 2023.

BACA JUGA :  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wabup Bantaeng Harap ASN Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Bermasyarakat

“Untuk cara vote adalah dengan memberikan like dan klik vote saudara Galih Purwandaru pada tautan yang tersebut di atas. Di situ ada foto dan nama kandidat Saudara Galih Purwandaru Kades Bawang,” ajak Tri Harso.

Penilaian peserta yang dilakukan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) selaku penyelenggara berdasarkan indikator penilaian, seperti pengalaman dalam penyelesaian sengketa di desa/kelurahan, upaya kelayakan investasi, peningkatan sektor pariwisata, dan pembukaan lapangan kerja. Sehingga jika semua itu tercapai dengan baik saat melakukan kinerjanya, peserta yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi berhak mengikuti Paralegal Academy.

Saat ini, sudah mulai dilakukan seleksi audisi menuju ke tahapan selanjutnya, yaitu penilaian eliminasi terhadap peserta yang telah mengikuti Paralegal Academy. Acara Paralegal Academy dan Paralegal Justice Award 2023 rencananya akan diadakan di Hotel Discovery Ancol, Jakarta pada 29 – Mei 2023.

BACA JUGA :  Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai, Wabup Lumajang Harap Materi yang Diterima Dapat Diteruskan ke Masyarakat Desa

Pada 1 Juni 2023, sebagai acara puncak akan dilanjutkan penyerahan Paralegal Justice Award 2023, yang dimana bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Peserta Paralegal Academy juga berkesempatan mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Monas.

“Ayo sedulur Banjarnegara… dukung Mas Kades Bawang, Galih Purwandaru jadi Kades Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI,” *** (kominfo_tim/mjp/Gunawan).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.