Berita

Bank Sampah Mandiri Berkah di Trenggalek, Lingkungan Bersih Tabungan Bertambah

×

Bank Sampah Mandiri Berkah di Trenggalek, Lingkungan Bersih Tabungan Bertambah

Sebarkan artikel ini
Ketua Bank Sampah Mandiri Berkah
Warga memilah sampah kemudian dimasukkan kedalam karung.

Trenggalek, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sejak tahun 2022 warga RT 37 RW 08 Dukuh Ndoyo Dusun Kedungdowo, Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek sepakat mendirikan Bank Sampah, dengan tujuan memanfaatkan barang bekas rumah tangga bernilai ekonomis.

Bank Sampah diberi nama Mandiri Berkah ini beralamatkan di RT 37 Rw 08 Dukuh Ndoyo Dusun Kedungdowo Desa Bendoagung Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek berdiri sejak Januari 2022.

Example 300x600

Imam Syafi’i, Ketua Bank Sampah Mandiri Berkah saat di konfirmasi awak media melalui via telepon selulernya, Kamis 01/06/2023, mengatakan pada awal mulanya ia mengajak warga memilah Sampah yang bernilai ekonomi untuk dikumpulkan di satu karung yang disediakan oleh bank sampah dan diambil oleh pengurus yang sudah dibentuk.

BACA JUGA :  Copet HP di Wisata Kenjeran Ditangkap Anggota Resmob Polres Tanjung Perak Surabaya

“Tujuan mengurangi sampah warga serta menghindari dari pemulung sampah liar dan membuat sampah berceceran ketika sudah diacak-acak dan memberikan edukasi kepada warga tentang kebersihan lingkungan,” jelas Imam.

Imam yang kaya pengalaman berorganisasi ini melanjutkan Bank Sampah yang didirikannya memiliki struktur organisasi Ketua, Sekretaris, Bendahara serta Koordinator Lapangan yang ada di tiap-tiap lingkungan, bertugas untuk koordinir sampah dari tiap-tiap rumah.

BACA JUGA :  Jadi Dosen Tamu di STKIP PGRI Trenggalek, Novita Hardini Bagi Ilmu Berwirausaha dan Tips Menjadi Generasi Milenial Tangguh

Sampah yang diambil di tiap-tiap rumah tersebut Kemudian dikumpulkan di satu tempat dengan memanfaatkan rumah kosong dan jika sudah banyak langsung dinjual ke pengepul.

“Bank Sampah ini banyak manfaatnya memberikan ruang kepada warga yang tidak bekerja untuk tetap ada Kegiatan bersama. Hasilnya sebagian kita kembalikan ke warga sebagai tujuan utama yaitu untuk membantu warga yang butuh bantuan,” ucap imam.

BACA JUGA :  Bupati Trenggalek Tinjau Infrastruktur di Kecamatan Pule

Sementara itu, Putri mengatakan sangat mendukung keberadaan Bank Sampah yang ada di RT 37 Rw 08 Dukuh Ndoyo Dusun Kedungdowo tersebut, harapan semoga bank sampah bisa membantu warga yang sedang kesusahan mencari pekerjaan.

“Saya berharap RT lain yang berada di Desa Bendoagung bisa mendirikan Bank Sampah, apalagi bisa memberikan pemasukan buat membantu kegiatan ke RTan,” ucap Putri. (Yanto)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.