Advertorial

Momentum Harganas ke-30, Bupati Blitar Ajak Masyarakat Geliatkan Kembali Ekonomi Kerakyatan

×

Momentum Harganas ke-30, Bupati Blitar Ajak Masyarakat Geliatkan Kembali Ekonomi Kerakyatan

Sebarkan artikel ini
Bupati Blitar
Bupati Blitar, Rini Syarifah melaunching kampung keluarga berkualitas dan temu kader bangga kencana menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju di lapangan Desa Papungan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Selasa (18/7/2023). (Foto: Arif/ LensaNusantara)

Blitar, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Blitar, Rini Syarifah terus mengajak masyarakat untuk menggeliatkan kembali perekonomian daerah pasca pandemi Covid-19.

Ajakan itu ia sampaikan saat melaunching kampung keluarga berkualitas dan temu kader bangga kencana menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju di lapangan Desa Papungan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Selasa (18/7/2023).

Example 300x600

Menurut Bupati Blitar perempuan yang akrab disapa Mak Rini ini, moment peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun adalah waktu yang tepat untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang sempat tersendat pasca pandemi.

BACA JUGA :  Pemkab Pamekasan Edukasi Pengawasan Usaha Industri dan KIHT Kepada Masyarakat

“Ini sudah waktunya menuju endemi. Mari bersama bangkitkan kembali ekonomi melalui UMKM agar Kabupaten Blitar tetap maju,” pinta Bupati.

Dia menjelaskan Pemkab Blitar akan selalu memberikan perhatian lebih pada perekonomian masyarakat. Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan event yang tidak lagi dipusatkan di wilayah perkotaan, namun kini mulai dilakukan pada wilayah kecamatan dan desa.

Salah satunya seperti kegiatan senam bersama di Lapangan Desa Papungan ini, dengan menghadirkan UMKM wilayah setempat.

“Kegiatan ini bukan hanya mempererat tali silaturahmi dan hiburan semata, namun di dalamnya bertujuan untuk membangkitkan ekonomi kreatif melalui UMKM,” bebernya.

BACA JUGA :  Soal Pemilihan Ulang Ketua Tanfidziyah PCNU, Forum Warga NU Kabupaten Blitar Minta PBNU Ambil Keputusan Bijak

Pada peringatan Harganas ke-30 ini, lanjut dia juga bisa menjadi momentum demi merevitalisasi kembali peran keluarga dalam pembangunan bangsa.

Diketahui, keluarga menjadi lingkungan pertama yang merupakan institusi terkecil dalam masyarakat bagi pembentukan karakter individu sejak dini. Sehingga, keluarga berperan penting dalam pembentukan kepribadian bangsa.

Hal ini juga tak lepas dari pentingnya peran keluarga, khususnya orangtua dalam pengasuhan anak dalam menghindari resiko stunting yang merupakan ancaman besar bagi kualitas generasi penerus bangsa.

BACA JUGA :  Bupati Banyuwangi Silaturahmi dengan PD Muhammadiyah

“Permasalahan stunting menjadi salah satu yang harus diselesaikan oleh seluruh komponen masyarakat untuk mencapai pembangunan SDM yang berkualitas, dinamis, terampil serta menguasai IPTEK,” imbuhnya.

Sekadar informasi, pada peringatan Harganas ke-30 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Blitar mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju”.

Dalam hal ini Pemkab Blitar terus berupaya melakukan pencegahan terhadap pernikahan dini sebagai upaya percepatan penurunan stunting. (ADV/Arif/Kominfo)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.