Berita

Komplotan Pembobol Rumah Kosong dan Pelaku Pencuri Kendaraan Berhasil Ditangkap Polda Jatim

×

Komplotan Pembobol Rumah Kosong dan Pelaku Pencuri Kendaraan Berhasil Ditangkap Polda Jatim

Sebarkan artikel ini
Wadirkrimum Polda Jatim
Para pelaku dengan barang bukti saat digelar di Aula Mapolda Jatim.

Surabaya, LENSANUSANATARA.CO.ID – Ditreskrimum Polda Jatim menggelar Press Conference terkait pembobolan rumah kosong dan pencurian kendaraaan bermotor, di ruang Press Conference Polda Jatim, Jl. Ahmad Yani. Selasa (15/08/2023)

Pada kesempatan itu, Wadirkrimum Polda Jatim AKBP Pitter Yamottam mengatakan, kasus ini merupakan temuan dari Subdit Jatanras Polda Jatim, kemudian dikembangkan dan berhasil menangkap beberapa pelaku. Setelah dicermati secara seksama para pelaku ini juga melakukan pencurian kendaraan bermotor.

Example 300x600

Pengungkapan awal perkara dari TKP di Bojonegoro pada tanggal (06/08) kemudian dilakukan pendalaman lebih cermat lagi, ternyata para pelaku yang ditangkap melakukan pembobolan rumah kosong dibeberapa TKP yang totalnya ada 13 TKP, Pamekasan dan Bali 7 TKP, seperti Bojonegoro, Mojokerto, Bangkalan, Situbondo, Jombang, Pamekasan, Tuban, Malang dan Jember dalam kurun waktu bulan Februari sampai Agustus 2023.

BACA JUGA :  Demo Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Tak Digubris, PC PMII Bondowoso Akan Lapor Polda Jawa Timur

“Pelaku ini melakukan pencurian berupa, 2 mobil, elektronik seperti TV, laptop, jam, alat-alat pembobolan seperti linggis palu, obeng dan 6 unit kendaraan bermotor. Modus operandinya para pelaku ini setiap Sabtu dan Minggu keliling masuk ke perumahan-perumahan melihat rumah kosong yang teras lampunya nyala,” kata Wadirkrimum.

BACA JUGA :  Kecelakaan Akibat Rem Blong di Puncak, Satlantas Polres Bogor Lakukan olah TKP

“Kemudian pelaku memastikan rumah tersebut kosong dengan cara mematikan lampu kalau ada penghunin ya pasti keluar. Kalau tidak keluar saat dimatikan berarti rumah tersebut kosong dan para pelaku ini memulai aksinya dengan merusak gembok dan membobol pintu atau jendela,” tambahnya.

BACA JUGA :  Box Culvert di Kecamatan Kuok Diduga Dikerjakan Asalan-asalan, Ini Penjelasan PPK

Sementara itu pelaku belum bisa diwawancarai pelaku karena masih proses penyidikan lebih lanjut.

Lanjutnya dari 6 TKP berhasil mengamankan 7 orang pelaku berinisial MS (44) residivis Denpasar dan Lamongan, AL residivis tahun 2014 Denpasar dan Lamongan, MS dan BF, AM residivis tahun 2014 dan, PR serta AS berperan sebagai penadah. (Mam/Pri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.