Perwakilan Redaksi Lensa Nusantara Berpartisipasi Demi Suksesnya Kegiatan Reboisasi di Lereng Gunung Suket Ijen Bondowoso

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Bondowoso – Perwakilan Media Online Nasional Lensa Nusantara berpartisipasi kegiatan aksi Reboisasi Tanam pohon di lereng Gunung Suket Dsn. Mlaten Desa Jampit Kec. Ijen Kab. Bondowoso tepatnya petak 91, 92, 99 dan 99 Kawasan Perhutani KPH Bondowoso BKPH Sukosari RPH Dataran Ijen, Minggu, 1/3/2020.

Kegiatan tersebut terselenggara atas sinergitas, soliditas dan kerjasama antara Kodim 0822 Bondowoso, bersama Polres Bondowoso, Yonif 514/SY Raider, Pemkab Bondowoso, Perhutani KPH Bondowoso, PTPN XII serta FRB (Forum Reboisasi Bondowoso) yang didalamnya terdapat 80 Komunitas yang berasal dari berbagai Kabupaten di Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilakukan sehubungan dengan Terjadinya bencana alam banjir bandang di Ds. Sempol dan Ds. Kalisat Kec. Ijen pada tanggal 29 Januari 2020, Hilangnya fungsi penyangga kawasan hulu pada hutan di lereng Gunung Suket karena gundul dijadikan lahan bercocok tanam / pertanian sayuran Kentang/Kubis.

BACA JUGA :  Pekerjaan Peningkatan Jalan Jati Gintung - Cituis Diduga Tidak Sesuai Bestek

Selain itu, Upaya mengembalikan fungsi hutan penyangga pada kawasan hulu sehingga diharapkan kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang, Jumlah bibit pohon yang ditanam adalah sekitar 6.000 tanaman campuran yang didapatkan dari sumbangan masyarakat secara sukarela diantaranya adalah Juwet, Kersen, Mahoni, Trembesi, Alpukat, Lamtoro, Cemara, Sengon, Pete, Manting, Sirsat, Jambu dan sebagainya.

Kordinator Lensa Nusantara Arik Kurniawan (29) mengatakan, pihaknya merasa terpanggil dengan adanya aksi menanaman pohon ini, karena agar tidak terjadi banjir bandang yang menimpa masyarakat ijen 29 Januari kemarin, Tim dari Media Lensa Nusantara membawa 10 Anggotanya dan bibit pohon sebanya 500 pohon.

BACA JUGA :  Bupati Dairi Hadiri Sinode HKBP Distrik VI

“Kami dan rekan rekan merasa terpanggil untuk mengikuti kegiatan ini, karena agar tidak terjadi hal serupa menimpa masyarakat ijen, kami berharap pihak penegak hukum menindak tegas para pelaku pembalakan liar dan pembakaran hutan, kemudian untuk masyarat sempol harus memiliki kesadaran untuk tidak mengalih fungsikan lahan, mari bersama sama menjaga alam sekitar kita”, Ungkapnya.

Bahkan, Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Petisi Deklarasi Serangan Reboisasi 1 Maret 2020 dan komitmen bersama menjaga kelestarian kawasan Gunung Suket dan Ijen sebagai benteng ketahanan ekologi, ketahanan bencana, ketahanan ekonomi dan antisipasi terhadap global warming.

Dan juga, Nota kesepahaman masyarakat Bondowoso dalam aksi serangan reboisasi 1 Maret 2020 oleh Kapolres Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso, Perhutani KPH Bondowoso, Pemkab Bondowoso dan FRB.

BACA JUGA :  Bupati Tanggamus Kembali Kunjungi Lima Ponpes di Kecamatan Talangpadang

Kegiatan berjalan dengan lancar dan diHadiri dalam kegiatan tersebut sekitar 800an Relawan dan juga dihadiri oleh Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, S.I.K., M.Si. Dandim 0822 Bondowoso Letkol Inf. Jadi S.I.P, Asisten 1 Pemkab Bondowoso, Manager PTPN XII Kalisat-Jampit, Adm. Perhutani KPH Bondowoso diwakili PHBM Perhutani, Dan Kompi 3 Bataliyon B Satbrimobda Polda Jatim, Wa Danyon Inf 514/SY Raider, Para PJU Polres Bondowoso dan Kodim 0822/Bondowoso, Kapolsek Rayon dan Koramil Rayon 3 beserta anggota, Masing-masing 1 Peleton Personel, Kompi 3 Bataliyon B Satbrimobda Polda Jatim, Kodim 0822/Bondowoso, Yonif 514/SY Raider dan Tim Tangkal Polres Bondowoso, Karyawan PTPN XII Kalisat-Jampit, Karyawan Perhutani KPH Bondowoso, BKPH Sukosari, RPH Dataran Ijen dan RPH Blawan, Muspika Kec. Ijen dan Kades Kalisat, Sempol dan Jampit beserta perangkat dan masyarakat, FRB yang terdiri dari 80 komunitas.

  • Reporter : Jasuli
  • Editor : Adit M Mansur
  • Publikasi : Suhartono/Yadi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan