Lensa Nusantara
Berita

PLT. Asda II Ingin Para Pengusaha Manfaatkan Potensi Pemasaran Digital

Trenggalek, LENSANUSANTARA.CO.ID – Senin (22/03/2021) pagi, Pemkab Trenggalek gelar Bimtek Kewirausahaan Penumbuhan Wirausahawan Baru Perempuan Kabupaten Trenggalek tahun 2021. Bimtek kali ini berfokus untuk pengusaha di sektor perikanan dengan total 100 peserta terpilih yang berasal dari 14 kecamatan di Trenggalek dan lebih dari 80% adalah perempuan.

Bimbingan teknis yang digelar atas kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek dengan PT Perempuan Hebat Indonesia ini merupakan salah satu upaya Pemkab Trenggalek dalam rangka mewujudkan ekonomi yang inklusif dan SDM yang kreatif melalui program 5000 wirausahawan baru di Trenggalek.

BACA JUGA :  Satrekoba Polres Probolinggo Mengungkap 10 Kasus Narkotika dan Obat Terlarang, Selama Bulan Agustus 2020

Bertempat di Graha Bhawarasa Trenggalek, giat dibuka oleh Plt. Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Trenggalek, Ramelan. Dalam sambutannya, Ramelan menyampaikan beberapa pesan dari Bupati Trenggalek untuk para peserta.

Bupati berpesan bahwa sektor perikanan memiliki peranan penting karena menyumbang sekitar 10% untuk pendapatan daerah, maka harus dikelola dengan baik SDA dan SDM-nya. Potensi sektor perikanan Trenggalek sangat besar baik dari segi tangkapan, pembudidayaan, pengolahan, dan pemasaran.

BACA JUGA :  Akibat Tanggul Jebol Didua Sungai, Semaka Tanggamus Kambali Diterjang Banjir

Perempuan sendiri berperan besar dalam ekonomi rumah tangga, salah satu perannya misal untuk memasarkan hasil tangkapan suaminya. Melihat hal ini, maka pemberdayaan perempuan patut dijadikan salah satu prioritas pembangunan. Dan bimtek ini merupakan wujud komitmen Trenggalek dalam pembangunan SDM terkhusus perempuan.

Ramelan mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 berefek pada pergeseran ekonomi dari konvensional ke digital. Masyarakat mulai terbiasa melakukan transaksi jual-beli secara daring. Potensi ini bisa dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran terutama untuk hasil olahan ikan, “jadi artinya di zaman digital ini semua memiliki kesempatan yang sama, tinggal kemauannya saja”, tutupnya sekaligus berpesan.

BACA JUGA :  Kapolsek Baradatu Bersama Babinsa Resmikan Kampung Tangguh Kampung Banjar Mulya

Emmy Surya dari Femalepreneur PT. Perempuan Hebat Indonesia menyampaikan, pelatihan untuk para peserta tidak berhenti di pemberian materi bimtek selama 3 hari ini saja (Senin-Rabu, 22-24/03/2021). “Tetapi mereka akan mendapat pendampingan oleh buddy dan co-buddy dari pihak Femalepreneur selama 3 bulan ke depan”, tambahnya. Emmy berharap dengan monitoring secara berkala ini bisa benar-benar mewujudkan wirausahawan di sektor perikanan yang berdaya saing. (Yanto/ping)