BeritaDaerah

PT. Sejahtera Jaya Alim Mix di Sampang, Tuai Keluhan Warga Terdampak Polusi

×

PT. Sejahtera Jaya Alim Mix di Sampang, Tuai Keluhan Warga Terdampak Polusi

Sebarkan artikel ini

Sampang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sejumlah warga Dusun Baban Desa Pangelen, Kec, Sampang, Kab, Sampang, Jawa Timur, keluhkan dampak dari tempat usaha campur beton (Batching Plant) yang berada Tidak jauh dari pemukiman warga. Tuai keluhan dari warga terdampak polusi. 

” PT Sejahtera Jaya Alim Mix. Yang bergerak di bidang pencampuran beton, dianggap tidak memperhatikan aspek lingkungan. Suara bising mesin produksi serta asap, debu dinilai sangat mengganggu kenyamanan warga.

Example 300x600

Salah satu warga setempat,” Nurul Hayati mengaku sangat terganggu dengan polusi yang dihasilkan perusahaan tersebut selain itu, pengoperasian mesin usaha ini seperti tidak memperhatikan waktu. Bahkan mesin dan alat berat beroperasi hingga tengah malam. 

“Apalagi saat memproduksi cor beton. Bunyi mesin yang bergetar membuat warga sekitar terganggu pada malam hari dan tidak bisa beristirahat dengan tenang. Beberapa rumah di sekitar selalu dipenuhi debu,” Ujar Nurul. Yang merupakan Aktivis di Forum Sampang Hebat ( FORSA HEBAT) saat ditemui awak media Selasa. 03 / 08 / 2021.

“Kita merasa dirugikan dengan adanya kegiatan produksi campuran beton ini. Sebab, efek dari produksi ini adalah polusi udara. Debunya beterbangan kemana-mana. Awal-awal kami maklumi, tapi ke belakangnya kita tidak nyaman juga,” Keluhnya

” Bayangkan saja jika setiap hari kita menghirup debu semen, ini sangat berbahaya bagi tubuh, pasti akan digerogoti penyakit. Tanaman di areal persawahan saja terganggu apalagi manusia,”Tambahnya. 

“Kita juga tidak tau soal perizinannya, apakah memang ada atau tidak, tapi seharusnya sebelum izin itu keluar pasti ada persetujuan juga dari masyarakat sekitar. Selama ini, kita tidak pernah diminta soal itu. Tau-taunya terima debu,” paparnya. Nurul Hayati

” Ia berharap PEMKAB setempat mengkaji ulang soal keberadaan perusahaan tersebut,Kalau dibiarkan sama saja dengan merusak lingkungan. Ini kan polusi, pemerintah daerah harus berani menindak atau menegur perusahaan minimal rutin menyiram debu-debu,” Harapnya

Sementara di tempat terpisah, salah seorang pengelola. PT Sejahtera Jaya Alim Mix. H Abdul Kodir, saat di hubungi Tim melalui sambungan selulernya mengatakan. 03 / 08 / 2021.

“Ini kan keluhan, harus dilihat dulu apakah betul ada asap debu seperti yang di keluhkan warga. Itu harus di cek dulu,” kata H.Kodir. sapaan akrapnya. 

“Jika soal bising, ini bisingnya dari mana kalau bisingnya dari truk, banyak truk-truk pasir yang lewat. Tapi kalau bisingnya dari bunyi mesin, mari kita lihat bersama,” Ujarnya. .

“Kalau limbah dari batching plant, didalam sudah ada. Itu bukan saluran air untuk limbah tetapi itu saluran biasa. Jika air limbah itu dianggap mengandung semen, apa sudah di cek,” ujarnya

“Sudah hampir tiga tahun berdiri tidak pernah ada warga yang mengeluh, baru kemarin ada salah seorang warga yang telepon saya mengeluhkan soal keberadaan perusahaan tersebut mas,” akunya.

“Kami akan menerima aspirasi warga, terbuka dengan siapa saja, berkomunikasi baiknya seperti apa. Jika ada kelalaian, kami akan segera perbaiki,” tandas H.Kodir.(Sam)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan