Maraknya Plat Kendaraan Dinas Bondowoso Disulap Menjadi Hitam

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Miris, Maraknya kendaraan dinas di Bondowoso disulap warna plat nomornya dari warna merah menjadi hitam.

Entah apa tujuan para oknum merubah warna plat nomornya tersebut. Tim investigasi AJIB (Aliansi Jurnalis Independen Bondowoso) telah mengantongi beberapa mobil dinas ajaib tersebut.

Hosairi Irawan Kabid. Investigasi AJIB mengungkapkan kepada awak media bahwa pihaknya beserta tim telah mendapati tujuh mobil dinas yang berkeliaran menggunakan plat hitam.

“Harusnya para oknum pejabat tersebut malu, dengan sengaja merubah plat nomornya dari merah menjadi hitam. mobil dinas tersebut kan dibeli dari uang rakyat, jangan seenaknya menggunakannya, karena itu bukan warisan.” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Kabupaten Bondowoso Raih Kota Layak Anak 2021

“Kami sebagai masyarakat berharap pemerintah daerah menindak tegas oknum-oknum tersebut, apalagi Bupati Bondowoso kan sudah mengimbau bahwa kendaraan dinas dilarang digunakan untuk mudik, apalagi diganti plat nomor.” Tambah Hosairi.

Ditempat yang berbeda, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bondowoso Sudiyono membenarkan apabila plat nomor kendaraan dinas kodenya P….AP milik Pemkab Bondowoso.

“Kalau P…. AP memang kendaraan dinas Bondowoso, mestinya berwarna merah, tidak boleh dirubah hitam.” Jelas Sudiyono saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

BACA JUGA :  CADAS 31010-2 Tapal Kuda Gelar Reuni di Bondowoso

“Kalau sudah dilelang nomernya bukan P….AP lagi. saat ini ada beberapa mobil dinas yang dihibahkan, dan masih proses, apabila masih proses tidak boleh dirubah hitam tetap warna merah harusnya”. Tambah Sudiyono.

Hasil pantauan tim investigasi AJIB ada tujuh mobil dinas yang dirubah warna dari merah menjadi hitam.

“Kalau P 1238 AP dan 1271 AP ini tidak teridentifikasi didata kami, hingga saat ini kami belum mengetahui itu mobil dinas mana, kalau yang lain ini betul memang mobil dinas Pemkab Bondowoso.” Tutupnya Kabag Umum.

BACA JUGA :  Mengenal Tradisi Masyarakat Bondowoso Sambut Kades yang Baru Dilantik, Ada Tim Pawang Hujan

Selanjutnya, Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP. Suryono S.Sos menyikapi hal tersebut melalui via WhatsApp menyampaikan.

“Apabila kedapatan dijalan minimal kita berikan teguran tertulis, jika terulang kambali maka dilakukan tindakan”. Singkat Kasat Lantas. Kamis, 14/4/2022.

Tim investigasi masih berupaya untuk konfirmasi ke pihak dinas yang bersangkutan. Terkait temuan beberapa mobil dinas yang dirubah menjadi plat hitam dan terdata di Bagian Umum Sekretariat Daerah Bondowoso.(Ark/*)