free stats

Menjelang Operasi Ketupat Semeru 2022, Satlantas Bondowoso Tandai Janur Kuning Kepada Pelanggar Lalu Lintas

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ada yang menarik dalam sosialisasi yang digelar Satlantas Polres Bondowoso , yakni dengan pemasangan janur kuning kepada pengendara, hal ini dilakukan untuk menandai bagi setiap pengendara yang melanggar tata tertib lalu lintas, di pusat kota Bondowoso.

Sosialisasi tersebut dilakukan menjelang Operasi Ketupat Semeru 2022 dan perayaan Idul Fitri , mulai tanggal 28 April hingga 9 mei 2022.

Dari keterangan Kasat Lantas Bondowoso AKP Suryono, pemasangan janur kuning bertujuan untuk mengingatkan para pelanggar lalu lintas.

” Kita pasang kepada masyarakat pengguna jalan raya pada waktu kegiatan mudik yang mengalami pelanggaran lalu lintas, jadi apabila ada kendaraan yang dipasang janur kuning, maka kendaraan tersebut sudah melakukan pelanggaran di wilayah lain yang masuk ke wilayah kita” kata Suryono. Rabu (20/4/2022).

Untuk kriteria pelanggaran, pihaknya menyebut semua jenis pelanggaran dan kelengkapan-kelengkapan kendaraan, jadi kita akan tempel janur kuning.

” Pemberian janur kuning ini sebagai teguran, namun kalau ada kendaraan yang rawan Laka Lantas bagi kendaraan lain, maka kita akan berikan sanksi berupa tilang” sambung Suryono.

Dirinya menambahkan kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di setiap Kota/Kabupaten di Jawa Timur, dan janur kuning sendiri memiliki arti yakni, Jan (Jannah) Nur (Cahaya) dan Kuning adalah (Suci).

” Jadi kegiatan ini adalah kegiatan suci bagi masyarakat dan pengendara yang melakukan mudik” ujarnya lagi.

Ia menghimbau agar para pengendara agar selalu berhati-hati dan jaga keselamatan.

” Masyarakat sudah diberi keleluasaan untuk mudik lebaran, jadi harus berhati-hati, karena keluarga menunggu dirumah” pungkasnya.

Selalu mematuhi peraturan lalulintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan biar selamat sampai tujuan.(Ark)