free stats

Bupati Taliabu Dukung Pemakaran di 4 Wilayah Maluku Utara

Taliabu, LENSANUSANTARA.CO.ID – Isu pemekaran kabupaten di Provinsi Maluku Utara menjadi perbincangan di kalangan elite politik.

Sedikitnya, terdapat empat wilayah yang digadang-gadangkan bakal dimekarkan menjadi kabupaten, di antaranya Pulau Mangoli, Galela Raya, Kao Raya dan Pulau Obi.

Keempat wilayah tersebut mendapat dukungan penuh, Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus untuk dimekarkan.

Aliong menjelaskan, pemekaran suatu wilayah menjadi kabupaten mampu memberikan dampak positif bagi daerah itu sendiri.

“Efek pemekaran sangat luar biasa. Dulu Taliabu seperti apa, sekarang sudah seperti apa. Sebab tanpa pemekaran tidak mungkin ada gedung semegah seperti sekarang ini,” kata Bupati Aliong, Jumat (22/4/2022).

Orang nomor satu di Pemda Taliabu ini juga membeberkan, berkas pemekaran kabupaten khususnya Mangoli Raya sudah dianggap selesai. Saat itu Mangoli Raya dan Taliabu dalam pengurusan berkas secara bersamaan, menunggu kebijakan Presiden RI ke depannya.

“Untuk proses administrasi Pulau Mangoli, sama dengan Taliabu sudah selesai. Mulai tahapan dari desa, kecamatan, kabupaten, sampai dengan DPRD sudah selesai. Tinggal menunggu moratorium pemekaran kabupaten dicabut, saatnya akan dimekarkan,” pungkasnya.(Sunardi)