Berita

Gelar Workshop, Yayasan Dian Dharma Banjarnegara Berikan Bantuan 60 Paket APE

×

Gelar Workshop, Yayasan Dian Dharma Banjarnegara Berikan Bantuan 60 Paket APE

Sebarkan artikel ini
Ketua HIMPAUDI Jawa Tengah
Didampingi Ketua HIMPAUDI Jawa Tengah Rusmanto, Ketua Yayasan Dian Dharma Banjarnegara, berikan bantuan APE, Rabu (12/7/2023). Foto: Gunawan.

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Yayasan Dian Dharma Kabupaten Banjarnegara menggelar kegiatan Workshop tentang Implementasi Pendidikan Karakter dan Pendidikan Abad 21, bagi Kepala Sekolah dan guru TK Pertiwi se-Kabupaten, dengan di ikuti 152 dari KS maupun guru TK Pertiwi.

Kegaiatan Workshop yang digelar dari Selasa hingga Kamis (11-13/07/2023) diadakan di Sasana Bakti Praja.

Example 300x600

Dipandu narasumber Rusmanto, S.Pd.I, Ketua HIMPAUDI Provinsi Jawa Tengah, didepan peserta materi utama Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Dirinya mengajak peserta baik Kepala Sekolah maupun guru untuk mengelola sekolah mulai dari perencanaan, program kerja sekolah, pendayagunaan SDM, ataupun sarana prasarana dengan baik, guna menciptakan suasana belajar yang nyaman dan ramah bagi setiap anak didik.

BACA JUGA :  Babinsa Kodim 0429 Lampung Timur Menghadiri Sosialisasi Bahaya Narkoba oleh BNN

Rusmanto juga mengingatkan, bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Maka materi belajar dan suasana pembelajaran harus menyenangkan bagi anak. Untuk guru, juga harus paham gaya belajar anak antara lain : gaya visual (melihat), gaya auditory (mendengar), dan kinestetik (belajar dengan cara melakukan).

“Jadi intinya bermain seraya belajar. Karena bermainnya anak adalah belajar. Bermainnya anak adalah bekerja. Karena dunianya anak adalah dunia bermain. Lewat bermain itulah anak sedang membangun pengalamannya. Nah untuk mengetahui gaya belajar anak, itu diperlukan asesmen awal dalam kurikulum merdeka,” pesannya.

Sementara Ketua Yayasan Dian Dharma Kabupaten Banjarnegara, Ny. Hj. Sri Rejeki, S.E memaparkan, materi pelatihan meliputi teori, diskusi, praktik dan tugas, yang akan disampaikan tanggal 11 dan 12 Juli, sedang tugas mandiri pada 13 Juli 2023.

BACA JUGA :  Polres Gresik Bersinergi dengan MUI Vaksinasi Menjaga Umat

“Pelatihan ini bertujuan membekali KS dan guru dalam implementasi kurikulum merdeka, lebih khususnya lagi tentang pendidikan karakter dimana anak-anak sekarang banyak yang luntur karakternya,” ujar Sri.

Masih kata Sri. “Anak-anak sekarang kurang memahami unggah-ungguh atau sopan santun dan kurang memahami kepentingan orang lain. Untuk itulah di TK Pertiwi kami harap bisa menerapkan sembilan pilar karakter,” ujar istri Sekda Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si.

Adapun 9 karakter yang dimaksud adalah : Cinta Tuhan dan segenap ciptaannya, Mandiri disiplin dan tanggung jawab, Jujur amanah dan berkata bijak, Hormat santun dan pendengar yang baik, Dermawan suka menolong dan kerja sama, Percaya diri kreatif dan pantang menyerah, Pemimpin yang baik dan adil, Baik dan rendah hati, serta toleran cinta damai dan bersatu.

BACA JUGA :  Walikota Samarinda: KKSS Kaltim Jauh dari Organisasi Politik

Supeno guru TK Pertiwi Jembangan Kecamatan Punggelan mengatakan, sangat senang adanya kegiatan yang bisa menambah wawasan tersebut.

“Senang sekali mengikuti workshop ini, karena menambah wawasan dalam mendidik anak di abad 21 yang kental dengan kemajuan teknologi ini,” ungkapnya ditengah-tengah peserta

Dalam kesempatan itu Yayasan Dian Dharma juga memberikan bantuan berupa Alat Peraga Edukasi (APE) dalam sebanyak 60 paket APE dalam untuk TK Pertiwi. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.