Berita

Penjabat Bupati Banjarnegara Pimpin Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, Berikut Sasarannya

×

Penjabat Bupati Banjarnegara Pimpin Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, Berikut Sasarannya

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Banjarnegara
Ratusan anggota dari kepolisian Polres Banjarnegara, ikuti Apel Oprasi Candi 2024 di alun-alun, Sabtu, 2/3/2024. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan, Sabtu (02/03/2024).

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024, yang juga dihadiri Dandim 0704 dan Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Wakapolres, PJU Polres, serta Kepala dan pimpinan kantor dinas instansi terkait itu, juga terlihat para Perwira, Brigadir, dan ASN Polres Banjarnegara juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Example 300x600

Peserta apel yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Pendidikan, Dinas perhubungan dan Satpol PP Pemkab Banjarnegara juga ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Pj Bupati Tri dan langsung dilanjutkan dengan pemasangan pita operasi kepada 6 orang perwakilan peserta apel.

Dalam arahan Kapala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Drs. Ahmad Luthfi, yang dibacakan Tri Harso menjelaskan, apel gelar pasukan ini sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Candi tahun 2024 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan pencanangan keselamatan jalan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurutnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu-lintas. Sehingga tercipta keamanan dan keselamatan berlalulintas.

BACA JUGA :  Dinas Kesehatan OKU Selatan Ikuti Webinar Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020

“Apel digelar dalam rangka mewujudkan cipta kondisi keamanan keselamatan berlalu lintas menjelang ramadhan dan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, yang sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan oprasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yg telah ditetapkan, polri telah menetapkan kalender oprasi keselamatan lalu lintas yg rutin dilaksanakan setiap tahun,” ungkap Pj Bupati.

Operasi Candi 2024 rencana akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia.

BACA JUGA :  Belum Bayar, Citinine Digugat di Pengadilan Negeri Surabaya

Tri juga mengharap, agar masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

“Saya berharap masyarakat untuk bisa mematuhi aturan aturan lalu lintas dan mengurangi pelanggaran sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, karena dalam operasi keselamatan lalu lintas tahun 2024 ini mengedepankan giat preemtif, prefenrif, humanis dan edukatif,” harap Tri.

Sementara menurut Kapolres Banjarnegara AKBP Erik Budi Santoso, sasaran operasi keselamatan lalu lintas yaitu pada tempat yang rawan kecelakaan, pelanggaran, dan sekaligus mengantisipasi tempat yang dibuat balap liar dan penggunaan kenalpot brong.

“Operasi ini lebih mengedepankan preventif yaitu pencegahan dengan mengadakan edukasi di sekolah sekolah dan pemasangan sepanduk dan himbauan, pemasangan rambu rambu lalu lintas di tempat rawan kecelakaan,” ungkap Kapolres Banjarnegara.

BACA JUGA :  Meski Keadaan Hujan, Kejuaraan Tinju Amatir Bupati Banjarnegara Cup 2023 Tetap Berlangsung

“Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2023 sebanyak 664.480 pelanggaran, di bandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 750.656 pelanggaran mengalami penurunan 11 persen atau 86.176 pelanggaran, sedangkan jumlah tilang tahun 2023 sebanyak 278.022 lembar, dibandingkan tahun 2022 sebanyak 485.368 lembar, mengalami penurunan sebanyak 43 persen atau 207.346 lembar, teguran pada tahun 2023 sebanyak 386.458 dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 265.288 teguran, mengalami kenaikan sebanyak 46 persen atau 121.170 teguran,” jelasnya.

Melihat data statistik diatas, dengan menurunnya angka kecelakaan lalu lintas di Banjarnegara, kedepan bisa membuat aman, nyaman pada saat mudik lebaran sebentar lagi. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.