BeritaFeatured

Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Baru, BAPPENAS Merespon Program Pembangun Berkelanjutan di Kaimana

×

Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Baru, BAPPENAS Merespon Program Pembangun Berkelanjutan di Kaimana

Sebarkan artikel ini


 
Kaimana, LENSANUSANTAR.CO.ID – Berkaitan dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2020 dan Peraturan Presiden (Perpres) No. 20 Tahun 2020, maka BAPPENAS RI merespon dan membuka diri untuk pembanggunan berkelanjutan Papua dan Papua Barat, termasuk Kabupaten Kaimana.
Hal itu di kemukakan Freddy Thie selaku Bupati Kaimana Terpilih Pada Pilkada 2020, saat di wawancarai sejumlah awak media usai mengikuti Rapat Pleno Terbuka Oleh KPU Kaimana Terkait penetapan pasangan calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kaimana, di Hotel Grand Papua Kaimana, Pada Senin( 22/2/2021) lalu.

“berkaitan dengan pertemuan kami dengan pihak  BAPPENAS RI, rupanya di BAPPENAS itu ada Pak Felix Wanggai dan Pak Mochsen Sirfefa, Mereka secara jujur sangat tertarik atau welcome dengan kota senja kaimana, walaupun kami belum dilantik sebagai Bupati dan wakil bupati kaimana, tetapi untuk mengejar waktu ini, maka kami diminta dari mereka untuk menyampaikan Visi Misi dari kami berdua pasangan TERKABUL yang nantinya dikorelasi dengan program pemerintah pusat, nah berkaitan dengan itu maka ada Inpres No. 9 Tahun 2020 dan Perpres No. 20 Tahun 2020 tentang percepatan Pembangunan di provinsi Papua dan Papua barat, ”Jelasnya.

Example 300x600

Freddy Thie menyebutkan  bahwa dua kali melakukan pertemuan dengan Pihak BAPPENAS dalam hal  penyampaian Visi Misi TERKABUL sebelum kembali ke kaimana.

“Jadi yang kita ketemu dengan pihak BAPPENAS itu, kita garis bawahi adalah penyampaian program Visi Misi Kami,  bukan hanya dengan Dana APBD kita mau membangun kaimana, tetapi kita berharap ada korelasi atau kerjasama, antara Propinsi dan pusat, artinya sekali lagi Pihak BAPPENAS RI sangat membuka diri dengan kami, kemudian kami bersyukur bahwa nanti kami juga dijembatani dengan kementerian dan Lembaga di Jakarta untuk kita mempresentasikan kita punya Visi Misi, sehingga program mana yang menjadi tanggung jawab Kabupaten dan mana yang menjadi tanggung jawab Propinsi dan Pusat ”Ungkapnya.

Melihat potensi wisata Kaimana, lanjut dikatakan, pada Tahun Anggaran 2021 ini dan Tahun Anggaran 2022, telah diprogramkan Kampung Wisata di Kabupaten Kaimana.

” Mereka katakan bahwa memang selama 10 Tahun ini tidak ada komunikasi, sehingga ketika saya (Fredy Thie) dengan adik Hasbulla mengagendakan pertemuan dengan pak Felix Wanggai dengan pak Mochsen Sirfefa, itu direspon baik dan diinfokasin dalam program tahun ini ada pembanggunan kampung Wisata di Teluk Triton dari APBN Tahun Anggaran 2021 ini dan 2022, dan ada juga bantuan tanaman pohon pala, itu dari APBN untuk Kaimana,” bebernya.

Selain dua program yang telah dianggarkan melalui APBN, ditambahkan, sesuai dengan Inpres nomor 9 Tahun 2020, telah diusulkan juga pembanggunan jalan dan jembatan yang menghubungkan Kampung dengan Distrik selanjutnya Distrik dengan Kabupaten.

” Yang saya dengan adik wakil usulkan dalam pembicaraan itu yang pertama konektivitas antara kampung dengan Distrik dan kabupaten, yang dimaksudkan adalah pembanggunan  jembatan, ada jalan itu yang kita bicarakan disini dan masih banyak lagi, karena kalau kita ambil dari APBD kita itu tidak cukup membelanjakan kegiatan kegiatan ini, buarlah APBD kita kedepan mengatur tentang pemberdayaan dan hal hal yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dari segala sektor unggulan, tinggal bagaimana kita mengatur dan membaginya dengan tetap mengacu atas program visi dan misi yang telah kami janjikan dalam kampanye” pungkasnya.

Dengan demikian , dirinya sangat berharap kepada semua pihak baik dalam birokrasi maupun masyarakat untuk bisa ikut ambil bagian dalam program kerja kepala daerah yang baru.” Saya dengan  Ade wakil adalah bupati terpilih, politik sudah selesai, mari kita rajut kebersamaan ini kembali, bahu membahu bersinergi untuk membanggun Kaimana ini, karena tanpa Masyarakat, LSM, dan semua ASN, tentu kami tidak bisa apa apa,” Harapnya.(Lukas).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan