BeritaDaerah

Ketua Mabicab Pultab, Lepas Kontingen Kwarcab Pramuka Pulau Taliabu Ikut JAMDA I Provinsi Malut

×

Ketua Mabicab Pultab, Lepas Kontingen Kwarcab Pramuka Pulau Taliabu Ikut JAMDA I Provinsi Malut

Sebarkan artikel ini

Taliabu, LENSANUSANTAR.CO.ID – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), lepas kontingen Kwarcab Pramuka Pulau Taliabu ikut Jambore Daerah (Jamda) I Provinsi Maluku Utara di Sofifi. Pelepasan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan, Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung HemungSia Dufu Bobong, pada Sabtu (9/10/2021) Malam.

Example 300x600

Dalam sambutan singkat Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, berpesan kepada peserta agar dapat mematuhi arahan yang diberikan pendamping. Kemudian patuh dan taat pada protokol kesehatan.

“Berangkat dalam kondisi sehat, pulang juga dalam kondisi sehat,” kata Bupati.

Ia juga menambahkan, berkat bantuan dan dorongan semua pihak telah dapat mempersiapkan peserta Jamda. Walaupun dalam situasi pandemi, namun kegiatan pelatihan tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Kegiatan Jamda ini bukan menjadi tolak ukur kita untuk menang, tetapi partisipasi, karena Pulau Taliabu merupakan Kwarcab termuda di Maluku Utara, tetapi ke depan Pramuka Pulau Taliabu harus berperan aktif dalam semua ivent baik daerah maupun Nasional.

“Kedepan Pramuka di Kabupaten Pulau Taliabu harus mulai diperhitungkan, apalagi para andalan yang ada ini merupakan para alumi Gerakan pramuka dari berbagai daerah yang belajar dari sejak Penggalang sampai saat ini,”akunya.

Bahkan dirinya ikut mendorong Kwarcab untuk membuat kegiatan berskala Daerah dengan menghadirkan tokoh-tokoh gerakan pramuka ke daerah Hemungsia ini. Namun, dirinya meminta agar gerakan pramuka di Pulau Taliabu harus kembali ke marwa gerakan pramuka yang dulu. Dimana satu komando tidak semua telah siap.

“Kita harus buat kegiatan berskala Daerah, tetapi pola latihan harus kita ubah, karena saya melihat pola latihan mulai melemah,”katanya sambil menceritakan kisahnya waktu di SMA 2 Ternate.

Selian itu, dirinya juga akan memerintahkan semua OPD yang mempunyai Saka untuk dikembangkan, agar supaya kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat kita bisa melibatkan pramuka misalnya persoalan Covid ini. “Jadi setelah kembali akan diadakan rapat dan kita dorong semua OPD untuk bembentuk semua saka termasuk Polri dan TNI,” cetusnya.

Seraya meminta kontingen yang berangkat harus menjaga nama baik daerah. Dengan selalu aktif mengikuti kegiatan Jambore. Dimana Kontingen Jambore Pulau Taliabu, sebanyak 20 peserta ditambah 7 pendamping termasuk tenaga medis. (Sunardi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan